Trend Terkini Penggunaan Kutu Baru

Trend Terkini Penggunaan Kutu Baru

Salah satu trend terkini yang banyak digandrungi oleh masyarakat adalah penggunaan kebaya modern dengan gaya Kutu Baru. Gaya ini memang banyak dipakai oleh para wanita, khususnya ketika akan pergi ke acara formal seperti undangan pernikahan.

Kebaya memang menjadi salah satu warisan nenek moyang yang harus dilestarikan, salah satunya adalah dengan menggunakannya. Jika dulu kebaya jenis ini hanya digunakan oleh kaum tua, saat ini justru banyak wanita muda yang menggunakan kebaya kutu baru ini seperti untuk pergi ke pesta, kondangan, wisuda, dan acara-acara penting lainnya.  

Kebaya kutu baru sendiri sebenarnya sudah sejak dulu digunakan di Indonesia, khususnya oleh kalangan masyarakat Jawa. Meski sempat redup, akan tetapi kebaya kutu baru justru menjadi trend terkini yang banyak disukai setelah adanya sentuhan gaya modern dalam setiap tampilan dan gaya ketika dikenakan.

Salah satu alasan kenapa kebaya ini banyak disukai adalah karena kebaya ini mempunyai potongan yang sederhana dengan adanya sambungan kain yang melintang di bagian depan. Kebaya kutu baru yang lebih modern pun tak hanya cocok dipadukan dengan kain batik untuk acara formal saja, akan tetapi juga cocok dipadukan dengan celana jeans atau celana jogger ketika ingin datang ke acara nonformal.

Agar tampilan terlihat sederhana namun tetap elegan, tak ada salahnya untuk menggunakan kutu baru dengan warna-warna polos atau soft. Untuk pemilihan bahannya sendiri bisa menggunakan katun atau satin.

Selain bahan katun dan satin, kutu baru juga bisa dibuat dengan menggunakan kain brokat. Brokat yang digunakan untuk membuat kutu baru lebih cocok jika dipadukan dengan kain batik sebagai bawahannya.

Apabila ingin mengenakan kutu baru untuk acara nonformal bisa dengan pilihan warna kain yang cerah, kemudian dipadukan dengan bawahan celana jeans. Ini akan menjadi kesan perpaduan antara tradisional dan modern yang tentunya akan menjadikan gaya berpakaian semakin cantik dan asyik.

Dibandingkan pembuatan kebaya lain, membuat kebaya kutu baru dengan bahan sifon ini memang lebih terjangkau. Bahkan untuk lebih menghemat anggaran, bisa juga memadukannya dengan kain batik lama milik nenek atau ibu, kemudian ditambahkan dengan aksesoris kalung atau anting yang tentunya akan semakin membuat tampilan semakin cantik.

Bagi yang mengenakan hijab, kebaya kutu baru ini juga sangat cocok untuk dikenakan, karena model kutu baru biasanya mempunyai lengan yang panjang. Cukup tambahkan hijab dengan warna yang senada kemudian tambahkan pula aksesoris pada bagian depan kebaya atau pada bagian hijab agar tampilan semakin menawan.

Trend terkini penggunaan kutu baru ini menjadi sebuah contoh bahwa baju tradisional pun bisa menjadi modern dan dapat digunakan dengan gaya yang kekinian asalkan tahu bagaimana cara memadupadankannya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *