Tips Merawat Sepatu Kulit Agar tetap Awet

Sepatu kulit merupakan sepatu yang dibuat dari bahan kulit hewan. Adapun kulit yang biasa digunakan adalah kulit sapi, domba, bahkan juga kuda. Sepatu jenis kulit ini sangat banyak diminati oleh para pria. Sebab dengan sepatu kulit ini seorang pra tampak lebih gagah dan lebih keren. Sepatu kulit juga membuat kamu tampil lebih macho, ya tergantung perpaduannya dengan pakaiannya.

Tips Merawat Sepatu Kulit Agar tetap Awet

Selain alasan penampilan, berbagai keunggulan sepatu kulit seperti keawetannya, dan membuat kaki tidak alergi menjadikan sepatu kulit dijadikan piliha utama bagi para pria. Bahkan sepatu kulit dengan model tertentu akan sangat nyaman ketika digunakan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih sepatu kulit branded untuk mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan sepatu kulit.

Sepatu kulit adalah jenis sepatu yang tidak boleh di cuci. Memang ada perawatan tersendiri untuk jenis sepatu yang satu ini. Namun beberapa orang sering mengabaikan itu, beberapa orang justru mengabaikan perawatan sepatu kulit miliknya. Sehingga jika sudah setengah umur, biasanya septu kulit akan kusam dan tidak menarik. Tentunya hal ini sangat disayangkan mengingat betapa mahalnya harga sepatu kulit. Nah untuk Anda yang memiliki sepatu kulit, sebaiknya merawatnya dengan cara yang benar. Berikut adalah cara yang baik untuk merawat sepatu kulit:

  • Sebisa mungkin hindarkan sepatu kulit dari air

Agar sepatu kulit Anda tetap awet, maka sebisa mungkin hindarkanlah dari air entah itu air hujan, air apapun, atau udara yang terlalu lembab. Jika sewaktu-waktu sepatu Anda terkena hujan yang tidak bisa terhindarkan, maka Anda dapat melapisi permuakaan bagian dalam sepatu dengan kain koran dan kemudian silahkan diangin-anginkan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan pengering, dan jika sudah kering Anda bisa mengelap bagian permukaan yang basah dengan kain lembut yang dapat menyerap air.

  • Jangan jemur dibawah terik matahari

Nah setelah Anda sudah membersihkannya, jangan sampai dijemur dibawah terik matahari. Sebab hal ini akan membuat kulit menjadi rusak dan terlihat kusam, retak, serta terkelupas. Jadi jika Anda telah selesai membersihkan, Anda cukup mengangin-anginkan saja. Jika Anda tidak memiliki dryer, maka Anda dapat mengeringkannya dengan kipas angin.

 Baca juga artikel menarik lainnya di penampilanmu.com

  • Jika Anda mengunakan semir, gunakanlah semir yang warnanya sesuai

Warna semir sepatu yang paling bagus adalah yang paling sesuai dengan warna sepatu. Hal tersebut tentu akan membuat warna kulit tetap terlihat alami dan cerah seperti saat pertama kali Anda membelinya. Pastikan Anda membersihkannya saat akan menyemir sepatu. Dalam hal ini jangan menggunakan sembarang alat pembersih. Jangan pula menyikatnya terlalu keras, karena hal ini akan membuat kulit menjadi rusak. Cobalah untuk tidak menggunakan semir yang sembarangan juga.

Nah itulah perawatan yang baik untuk sepatu kulit Anda agar tetap awet dan tetap keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *