Tips Merawat Sepatu Bola

Sepak bola merupakan salah satu olah raga yang paling digemari di dunia. Sepak bola tercatat sebagai salah satu olah raga yang paling banyak dimainkan oleh manusia. Bermain sepak bola menjadi rutinitas harian banyak orang, mulai tingkat kota besar hingga kampung-kampung kecil di pelosok desa. Berbeda dengan olah raga lainnya yang memakai sepatu dengan alas yang datar, sepatu sepak bola memiliki pool di bagian bawahnya, sehingga merawat sepatu bola sedikit berbeda dengan ketika merawat sepatu-sepatu olah raga lainnya.

Pool merupakan gigi-gigi berbentuk lonjong yang terletak di bagian alas bawah sepatu bola. Poll dalam sepatu bola jumlahnya bermacam-macam, ada yang jumlahnya enam hingga delapan di masing-masing sisi sepatu. Pool dalam sepatu bola berfungsi sebagai alat bantu agar ketika berlari, pool dapat mengerem laju pemain yang sedang berlari. Sebagaimana kita ketahui, permainan sepak bola dilakukan di lapangan berumput yang seringkali licin, sehingga jika memakai sepatu tanpa pool, pemain akan sangat mudah terjatuh. Jarak antar pool juga diatur sedemikian rupa agar keseimbangan pemain ketika berlari tetap terjaga. Karena jarak antar pool yang renggang inilah, seringkali lumpur atau rumput dapat terselip di sela-sela pool, sehingga pool harus sering dibersihkan, bahkan ketika sedang berada di tengah lapangan sekalipun.

Baca Juga : Gaya Berpakaian Cristiano Ronaldo

Hal paling penting dalam merawat sepatu bola adalah membersihkan bagian bawahnya, yaitu bagian di mana pool sepatu terletak. Setelah selesai digunakan, bagian pool biasanya merupakan bagian terkotor karena lumpur atau rumput lapangan masih menempel. Sikatlah bagian bawah sepatu hingga bersih. Selain selalu rutin membersihkan bagian bawah sepatu, agar pool sepatu lebih awet, hindarilah memakai sepatu bola di jalanan beraspal atau lapangan berbatu, sebab pool akan mudah terkikis. Jika pool semakin terkikis, sepatu bola akan semakin licin ketika digunakan. Pool yang terkikis juga dapat mengganggu keseimbangan ketika berlari.

Longgarkanlah tali sepatu bola secara berkala. Tanpa kita sadari, tali sepatu bola akan terikat semakin ketat setiap kali digunakan, bahkan ketika tali habis dilepas setelah digunakan pun, ikatan tali sepatu tetap lebih kencang dibandingkan sebelum-sebelumnya. Hal ini terjadi karena ketika sedang bermain, kita selalu mengikat tali sepatu kencang-kencang agar tendangan kita semakin kencang dan lari kita tidak terhambat sepatu yang longgar. Melonggarkan tali sepatu bola bahkan melepaskan talinya secara berkala akan membuat sepatu bola yang berbahan kulit tidak mudah menyusut.

Bersihkan juga bagian dalam sepatu bola setiap habis digunakan. Tidak jarang, kerikil kecil atau rumput masuk ke dalam sepatu ketika kita sedang berlari. Benda-benda kecil tersebut tentu akan mengganggu kita bahkan membuat kita tidak nyaman ketika menggunakan sepatu itu kembali. Singkatnya, merawat sepatu bola yang paling efektif adalah membersihkan setiap bagian dari sepatu kita setiap habis digunakan. Dan satu hal lain yang paling penting, agar sepatu bola kita awet, gunakanlah sepatu bola hanya di lapangan bola, terutama di lapangan berumput.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *