Tips Memilih Tas Sekolah untuk Anak

Tips Memilih Tas Sekolah untuk Anak

Salah satu perlengkapan sekolah yang sangat penting untuk anak adalah tas sekolah. Ada beragam macam tas sekolah untuk anak yang beredar di pasaran. Tak hanya dengan model yang lucu-lucu, namun juga gambar-gambar menarik yang disukai oleh anak. Namun, sebenarnya seperti apa tas sekolah yang cocok untuk anak? Tips memilih tas sekolah anak tentunya sangat dibutuhkan oleh para orangtua agar bisa memberikan tas yang terbaik bagi anak.

Anak sekolah sekarang ini seringkali membawa bawaan yang banyak, bukan hanya buku pelajaran, namun juga ada perlengkapan kesenian, perlengkapan ekstrakurikuler, dan juga kotak bekal makan siang.

Padahal, dalam masa pertumbuhan, seorang anak tak seharusnya membawa tas sekolah dengan isi terlampau berat, menurut penelitian, beban tas sekolah yang seharusnya dibawa anak tak lebih dari 10% dari berat tubuh anak, apabila beban tas sekolah lebih dari itu maka ini akan menyebabkan sakit pada punggung, bahu serta lengan anak, dan ini dapat berpengaruh pada perkembangan kesehatan tulang punggung serta otot anak dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu, selain memantau isi tas anak agar tidak terlalu berat. Orangtua juga harus bisa memilih tas yang tepat untuk anak, dan berikut ini adalah tips memilih tas sekolah untuk anak:

Jenis Tas

Pilih jenis tas yang tepat untuk anak, dibandingkan tas selempang yang dikenakan di bahu, tas ransel lebih cocok digunakan untuk anak karena beban yang ada pada tas terdistribusikan dengan baik pada kedua bahu anak, tidak hanya pada satu bahu saja. Apabila model sekolah anak harus berganti ruangan tiap berganti jam pelajaran, tak ada salahnya untuk memilihkan tas sekolah berjenis trolley.

Tali Tas yang Tepat

Pilih tali tas yang lebar serta empuk sehingga membuat bahu anak tidak sakit. Akan lebih baik jika tas mempunyai sabuk pinggang sehingga beban yang ada di punggung bisa terasa lebih ringan.  

Baca juga: Tips Memilih Tas Terbaru untuk Sekolah

Ukuran Tas

Ukuran tas sekolah anak harus sesuai dengan ukuran tubuh anak, ukurannya tidak boleh lebih dari 4 inchi daripada pinggang anak sehingga ketika dibawa tas akan nyaman berada di punggung anak.

Banyak Kantong

Pilih tas sekolah yang mempunyai kantong banyak. Bukan hanya agar barang-barang anak seperti pensil, penghapus dan lainnya terorganisir dengan baik juga agar berat tas bisa terdistribusikan lebih merata.

Bahan Tas

Pilih tas yang memiliki bahan ringan namun awet jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tas yang ringan tentunya akan nyaman jika digunakan anak.

Itulah tips memilih tas sekolah untuk anak yang bisa diaplikasikan orangtua. Berikan tas yang nyaman untuk anak, karena kenyamanan anak juga berpengaruh pada aktifitas anak saat menerima pelajaran di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *