Tips Memilih Model Baju Sesuai Bentuk Tubuh bagi Wanita

Tips Memilih Model Baju Sesuai Bentuk Tubuh bagi Wanita

Banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh para wanita dalam memilih model dan jenis baju untuk dikenakan. Sebab baju bukan hanya berfungsi untuk menutupi tubuh, melainkan juga untuk menunjang penampilan. Salah memilih model dan jenis baju justru dapat merusak penampilan dan bahkan membuat penampilan terkesan aneh. Untuk itu, para perempuan harus jeli dalam memilih berbagai baju yang akan digunakan. Salah satu faktor pertimbangan yang harus dipikirkan adalah memilih baju yang modelnya disesuaikan dengan bentuk tubuh. Setiap baju, apapun model dan jenisnya, umunya diproduksi sesuai ukuran besarannya, bukan berdasarkan bentuk tubuh pemakainya. Untuk mengatasi hal tersebut, memilih model baju yang benar-benar cocok sangatlah disarankan. Berikut ini adalah tips memilih model dan jenis baju yang disesuaikan dengan berbagai jenis bentuk tubuh pemakainya.

  • Jenis Baju untuk Wanita dengan bahu Lebar

Wanita yang memiliki bahu sangat lebar namun bagian perutnya sangat ramping sering disebut dengan bentuk tubuh segitiga terbalik. Untuk wanita yang memiliki bentuk tubuh seperti ini, disarankan untuk memilih baju atasan bermodel clean cut tanpa variasi apapun di bagian bahunya. Memakai baju dengan variasi pada bagian bahu justru akan semakin menampakkan ukuran bahu yang lebar. Pakailah atasan dengan warna yang cenderung lembut agar perhatian orang tidak terfokus pada bahu. Untuk mengimbangi ukuran bahu yang lebar, gunakanlah rok atau celana dengan model yang cukup bervariasi, misalnya dengan memakai rok model A-line yang lebar di bagian bawahnya atau memakai celana dengan variasi tambahan seperti lipatan atau tambahan draperi. Bawahan yang cenderung menggelembung akan mengalihkan perhatian orang pada ukuran bahu yang terlalu lebar.

  • Baju untuk wanita dengan Pinggul atau Bokong Besar

Wanita dengan bentuk tubuh bokong dan pinggul yang jauh lebih besar atau lebih lebar dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya disebut bentuk tubuh buah pir. Bagi wanita yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir, disarankan memakai busana atasan yang meriah atau cukup ramai dengan berbagai variasi. Misalnya dengan kerah yang besar atau model baju bertumpuk, baju dengan tambahan renda atau dreperi. Atasan dengan variasi yang lebih ramai akan mengimbangi ukuran pinggul atau bokong yang lebar dan besar, sehingga bentuk tubuh tetap akan terlihat proporsional. Untuk bawahan, kenakanlah model bawahan yang cenderung flat atau tanpa variasi, dengan warna dan corak yang simpel dan sederhana.

  • Pakaian untuk Wanita dengan bentuk Tubuh Persegi Panjang

Bentuk tubuh persegi panjang adalah bentuk tubuh wanita yang bagian patudara, pinggul, dan garis pinggangnya cenderung sejajar atau lurus, sehingga disebut dengan persegi panjang. Tidak ada setupun bagian tubuh samping yang lebih lebar, baik bahu, payudara, pinggang, dan bokong. Bagi wanita yang memiliki bentuk tubuh seperti ini, memilih pakaian yang tepat cenderung mudah, sebab bentuk tubuhnya dapat dikatakan ideal. Untuk lebih memperindah penampilan, gunakanlah model baju dengan atasan yang berleher tinggi, hal tersebut berfungsi untuk menutupi ukuran payudara yang cenderung flat atau kecil. Hindarilah penggunaan aksesoris yang berlebihan atau pakaian dengan variasi yang ramai agar penampilan lebih menarik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *