Tips Memilih Baju untuk Wawancara Kerja

 

Tips Memilih Baju untuk Wawancara Kerja – Kamu mahasiswa yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja? Tentunya tahap pertama yang perlu kamu lewati setelah mengirim lamaran yaitu tahap wawancara kerja. Tahap ini merupakan tahap krusial yang penting untuk kamu memberikan kesan menarik dan profesional bagi recruiter, dimanapun tempat kamu melamar. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan penampilanmu sebaik mungkin, terutama dalam hal berpakaian!

Kamu wajib simak tips memilih baju untuk wawancara kerja di berbagai jenis pekerjaan dan perusahaan ini, agar bisa tampil menarik dan presentable di depan recruiter. 

  • Perusahaan Startup atau Tech Company

Perusahaan startup biasanya memiliki banyak karyawan muda dan menganut budaya yang tidak terlalu formal alias kasual. Tapi walaupun kasual, bukan berarti kamu bisa memakai kaos saat interview. Hanya sajak amu bisa lupakan sejenak padanan membosankan seperti blazer dan rok pensil, dan kenakan pakaian yang sedikit lebih kasual tetapi tetap rapi dan sopan, seperti padanan kemeja denim dengan flare skirt, ataupun blazer dengan peg trouser.

  • Creative Job

Level kreativitasmu bisa dinilai dari jenis pakaian yang kamu kenakan saat wawancara untuk posisi pekerjaan di industri kreatif ini! Untuk itu jangan ragu bereksperimen dan ekspresikan dirimu melalui gaya yang sesuai dan nyaman. Sebagai inspirasi, kamu bisa mengenakan celana jeans berwarna gelap ataupun dress dengan heels yang tertutup.

  • Corporate Job

Ketika ingin memasuki perusahaan dengan budaya korporat yang lebih formal, sebaiknya kamu tetap menggunakan pakaian dengan warna-wrana natural. Hindari baju dengan warna cerah, ataupun motif dan aksesoris yang terlalu berlebihan. Hal ini untuk menunjukan image yang lebih profesional di mata klien. Tapi untuk tetap tampil stylish dan tidak membosankan, kamu bisa tambahkan item lain yang bisa menonjolkan penampilanmu, seperti dress, vest, wide leg pants, tas tangan, ataupun heels dengan berbagai model.

  • Fashion Job

Menjalani pekerjaan di dunia fashion bukan berarti kamu harus tampil lebay dengan semua barang tren yang ada di lemari. Tampil simpel juga bisa menjadi stylish kok dengan kombinasi dan padanan baju yang tepat. Kamu juga bisa melengkapi gayamu dengan aksesoris pelengkap. Kuncinya yaitu untuk tetap stylish tetapi juga tepat, misalnya dengan padanan kulot dan heels, ataupun button-front skirt dan ankle boots.

Selain itu, warna baju yang kamu kenakan juga perlu diperhatikan, karena masing-masing warnanya memiliki arti sendiri. Kamu harus menentukan warna apa yang sesuai dengan dirimu dan dapat membuat karaktermu lebih muncul saat sesi interview nanti.

  • Biru : menunjukkan bahwa kamu percaya diri, salah satu warna terbaik untuk digunakan
  • Abu-abu : menunjukkan kalau kemampuan analisismu baik dan kamu mampu berpikir logis
  • Putih : memberikan kesan kalau kamu adalah seseorang yang well-organized
  • Coklat : kamu terlihat sebagai seseorang yang bisa selalu diandalkan
  • Merah : menunjukkan jika kamu memiliki keberanian, semangat, dan energi yang tidak ada habisnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *