Tips Memilih Baju untuk Ibu Menyusui

Tips Memilih Baju untuk Ibu Menyusui

Masa menyusui merupakan salah satu masa terindah bagi ibu dan buah hatinya, karena ini tercipta kedekatan yang sangat erat antara ibu serta buah hati. Oleh karena itu, jangan sampai ada sesuau hal yang merusak momen indah ini, salah satunya adalah perihal pakaian. Memilih baju yang tepat ketika menyusui merupakan hal yang penting, karena tak hanya bisa memberikan kenyamanan bagi ibu, namun juga bagi buah hati. Berikut ini adalah tips memilih baju untuk ibu yang sedang menyusui:

  1. Pilih Baju yang Mempunyai Akses Bukaan Payudara

Agar menyusui bisa nyaman bagi ibu dan buah hati, sebisa mungkin pilih baju yang memiliki ‘jendela’ pada bagian payudara yang bisa dibuka ketika hendak menyusui. Saat ini ada banyak baju dengan model bukaan seperti ini. Jikalau memang tidak menemukan baju yang memiliki ‘jendela’ pada bagian payudara, hendaknya memilih baju yang memiliki kancng bagian depan selama masa menyusui sehingga memudahkan ibu untuk menyusui. Salah satu jenis baju yang bisa dipilih adalah kemeja, sekarang ini banyak model kemeja atau tunik modis yang bisa dipilih. Selain itu kemeja dengan bahan flanel juga bisa menjadi pilihan agar ibu menyusui bisa tetap tampil modis.

  1. Pilih Bahan yang Nyaman dan Berkualitas

Tips memilih baju untuk ibu menyusui selanjutnya adalah pilih bahan baju yang nyaman serta tidak membuat gatal, gerah, serta iritasi pada kulit, hal ini karena baju yang dikenakan ibu tentunya akan bersentuhan langsung dengan si kecil. Selain itu gunakan baju yang nyaman dan tidak gerah, karena saat menyusui ibu hamil biasanya mudah gerah dan berkeringat, apalagi saat menyusui ibu juga membutuhkan waktu yang cukup lama setiap kali menyusui, antara 30 menit hingga 1 jam. Keringat yang menempel pada tubuh bisa mengakibatkan gatal yang dapat membuat rasa tak nyaman ketika menyusui. Salah satu jenis bahan baju yang bisa menjadi pilihan adalah bahan katun yang mampu menyerap keringat dan tidak membuat gerah.

Baca juga: Posisi Ibu Menyusui Yang Nyaman Untuk Bayi Dan Ibu

  1. Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Sesuaikan baju menyusui dengan bentuk tubuh, memakai baju yang dikenakan saat hamil memang boleh saja, namun karena tubuh sudah kembali ke ukuran semula sebaiknya pilih baju yang sesuai dengan bentuk tubuh saat menyusui. Selain itu tak ada salahnya untuk memilih baju dengan bentuk yang modis, karena masa menyusui bukan berarti tidak boleh tampil modis dan istimewa, agar aura kecantikan seorang ibu pun tetap dapat terpancar.

  1. Kombinasi Baju Menyusui

Meski sedang menyusui bukan berarti tidak boleh tampil modis, oleh karena itu tak ada salahnya untuk memadupadankan baju-baju menyusui seperti tunik atau kemeja dengan celana jeans atau celana jogger sehingga tampilan pun lebih segar.

Itulah tips memilih baju untuk ibu menyusui yang bisa diikuti. Apabila ingin menyusui di tempat umum, jangan lupa juga membawa kain penutup agar ibu dapat menyusui dengan nyaman dan leluasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *