Tips Memilih Baju Adat untuk Pakaian Pengantin

Pernikahan merupakan sebuah momen yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan atau calon pengantin. Selain istimewa, acara pernikahan memang memiliki kesan yang sakral sehingga harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Salah satu yang paling penting untuk dipersiapkan adalah baju pengantin. Meskipun saat ini tren baju pengantin modern semakin menjamur tetapi baju pengantin dengan memakai baju adat masih banyak diminati dan terus dilestarikan. Bahkan akhir-akhir ini baju pengantin menggunakan pakaian adat justru kembali menjadi tren sehingga akan membuat acara pernikahan semakin terasa sakral.

Tips Memilih Baju Adat untuk Pakaian Pengantin

Bagi anda yang akan merencanakan pernikahan namun bingung memilih baju adat yang ingin anda pakai saat acara akad maupun resepsi sebaiknya tak perlu khawatir. Berikut akan dijelaskan tips memilih pakaian adat sebagai pakaian pengantin yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

  1. Berdiskusi dengan Keluarga
    Ketika akan memutuskan untuk memilih baju adat sebagai pakaian pengantin, maka sebaiknya anda berdiskusi terlebih dahulu dengan anggota keluarga dan pasangan. Biasanya pakaian pengantin akan disesuaikan dengan asal daerah calon pengantin. Jika pengantin berasal dari dua suku yang berbeda biasanya pada masing-masing acar resepsi akan memakai pakaian adat yang berbeda. Agar nantinya acara pernikahan tersebut semakin sakral dan sesuai dengan suku anda berasal maka pastikan untuk berkonsultasi dengan pihak keluarga.
  2. Memastikan Membeli atau Menyewa
    Dalam memilih baju adat untuk acara pernikahan memang tidaklah mudah sebab anda harus memastikan baju tersebut sesuai dengan ukuran anda dan pasangan. Bagi anda yang memiliki budget terbatas sebaiknya silakan menyewa pakaian adat saja yang biasanya disediakan oleh pihak perias pengantin. Namun jika anda memiliki budget yang lebih bisa membeli baju tersebut. Namun kebanyakan para pengantin justru memilih menyewa pakaian adat untuk acara pernikahan mereka sebab untuk proses pembuatan membutuhkan waktu yang cukup lama terlebih dengan banyaknya aksesoris yang dibutuhkan membuat anda harus mengeluarkan waktu dan tenaga lebih untuk mempersiapkannya.
  3. Melakukan Fitting Baju Sebelum hari H
    Agar pakaian adat yang akan anda pakai saat acara pernikahan terlihat pas dan sempurna, maka jangan lupa untuk melakukan fitting baju tersebut sebelum hari H. Pastikan untuk melakukan fitting bersama dengan pasangan agar nantinya terlihat serasi saat berada di pelaminan.
  4. Berkonsultasi dengan Wedding Organizer
    Agar nantinya dekorasi pelaminan anda sesuai dengan tema baju adat yang anda pakai sebaiknya lakukan konsultasi dengan pihak wedding organizer sehingga antara dekorasi maupun riasan pengantin tampak serasa dan sesuai dengan tema yang anda inginkan.

Baca juga Inilah 4 Baju Adat Paling Unik di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips memilih baju adat untuk pakaian pengantin yang bisa menambah wawasan anda. Memakai pakaian adat saat acara pernikahan memang tidak hanya akan memberikan kesan yang lebih sakral dan indah namun juga bisa menjadi bentuk pelestarian kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *