Tips Berpakain untuk Wawancara Kerja

Tips Berpakain untuk Wawancara Kerja

Wawancara merupakan salah satu step paling krusial saat mencari kerja, dimana harus bertemu secara langsung dengan pimpinan perusahaan atau HRD. Oleh karena itu, untuk menghadapi wawancara, segalanya harus dipersiapkan, selain menyiapkan mental dan belajar tentang seluk beluk perusahaan, hal lain yang harus diperhatikan adalah cara berpakaian. Dan berikut ini adalah tips berpakaian saat menghadapi wawancara kerja:

  1.  Hindari Pakaian Santai

Tips berpakaian pertama yang harus selalu diingat adalah jangan sekali-kali menggunakan pakaian santai dalam sesi wawancara kerja, seperti celana jeans atau kaos. Penampilan yang terlalu santai ini akan memberikan kesan buruk karena kita dianggap tidak serius atau main-main dalam mencari pekerjaan. Pilih pakaian rapi dan profesional untuk memberikan kesan pertama yang baik.  

  1. Gunakan Suit atau Setelan

Jika melakukan interview di perusahaan formal seperti bank dan semacamnya, maka wajib untuk menggunakan setelan resmi karena perusahaan seperti ini sangatlah mengutamakan profesionalitas serta kerapian, dan hal tersebut dapat tercermin pertama kali dari pakaian yang dikenakan ketika sesi wawancara.

  1. Pilih Rok Pensil Warna Hitam

Jangan menggunakan model rok yang aneh atau bermacam-macam. Untuk sesi wawancara, bisa menggunakan rok pensil dengan warna hitam. Kenapa dipilih warna hitam? Karena ini mampu memberikan kesan yang resmi serta penggunanya memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. Pilih yang ukurannya pas di lutut, jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek, jangan menggunakan belahan rok terlalu tinggi, karena ini bisa kesan yang berlebihan dan terlalu seksi.

  1. Blus Berwarna Netral dan Minim Aksen

Pilih blus dengan warna netral atau bisa juga memilih blus dengan warna lembut, seperti putih, gading, abu-abu, atau krem. Selain warna, hal lain yang harus diperhatikan saat mengenakan blus adalah sebisa mungkin pilih model blus yangs ederhana, tidak banyak motif, ruffle, atau renda.

  1. Blazer Pas Badan

Blazer bisa menjadi pilihan utama saat akan datang wawancara kerja. Blazer sangat cocok untuk dikenakan dan dipadukan dengan blus. Pilih yang ukurannya pas dengan badan dengan warna hitam, dengan begitu sisi profesionalitas akan dapat ditampilkan dengan baik.

  1. Rok dan Celana Bahan

Rok atau celana bahan sama-sama bisa menjadi pilihan yang tepat asal bisa disesuaikan dengan tampilan pada bagian atasnya

  1. Gunakan Aksesoris Secukupnya

Aksesoris berfungsi sebagai pemanis saja, oleh karena itu jangan menggunakan aksesoris secara berlebihan, cukup gunakan bros saja, atau jam tangan untuk mempermanis penampilan.

Tips berpakaian untuk wawancara kerja di atas bisa menjadi referensi, namun ada beberapa hal yang tak kalah penting, seperti gunakan sepatu formal dengan hak tak terlalu tinggi, kemudian apabila memiliki rambut panjang, sebaiknya diikat atau digelung agar tampak rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *