Tips Berpakaian Supaya Sukses Saat Wawancara Kerja

Wawancara merupakan salah satu tahap yang penting dalam proses rekruitmen pekerjaan. Ketika anda akan mengikuti tes wawasancara kerja di sebuah perusahaan pastinya anda akan berupaya mnampilkan yang terbaik dan melakukan persiapan segala sesuatu untuk kesuksesan wawancara anda tersebut. Salah satu yang perlu anda persiapkan adalah cara berpakaian sebab hanya dengan satu tatapan saja pihak HRD akan mengetahui karakter seseorang melalui cara berpakaian seseorang tersebut. Bagi anda yang selama ini sudah pernah mengikuti beberapa tes wawancara kerja namun akhirnya gagal maka salah satu yang perlu anda evaluasi adalah cara berpakaian anda. Berikut ini akan diberikan penjelasan tips berpakaian agar sukses ketika wawancara kerja yang perlu anda ketahui.

Tips Berpakaian Supaya Sukses Saat Wawancara Kerja

Tips Berpakaian Ketika Wawancara Kerja

  1. Warna Pakain

    Tips berpakaian yang pertama adalah dengan memperhatikan warna pakaian yang anda gunakan. Perlu anda ketahui bahwa ternyata warna pakaian mampu mencerminkan karakter pemakaianya. Untuk anda yang memilih pakaian berwarna terang dan kontras maka anda termasuk karakter yang dominan dan kuat. Warna pakaian pastel dan lembut menampikan karakter yang bisa dipercaya. Untuk pakaian warna biru menunjukkan karakter yang berkompeten, tanggung jawab dan percaya diri. Warna merah menunjukkan karakter yang percaya diri sebagai pemimpin namun pilih warna merah yang gelap. Untuk warna orange sebaiknya anda hindari karena memberikan kesan yang kurang profesional.

  2. Gaya Berpakaian

    Hindari memilih pakaian berupa setelan bisnis karena terkesan berlebihan. Untuk wanita sebaiknya hindari gaya pakaian yang terlalu feminim karena kurang disukai oleh pihak HRD.

  3. Merek Pakaian

    Tips berpakaian berikutnya adalah gunakan pakaian maupun tas dengan merek sewajarnya sebab ketika anda memakai pakaian dan tas bermerek justru terkesan ingin tampil. Hal tersebut juga kurang disukai oleh pihak HRD sehingga harus anda hindari saat wawancara kerja.

  4. Memperhatikan Detail

    Dalam hal ini detail yang dimaksud adalah parfum, make up dan aksesoris. Hindari memakai make yang terlalu tebal saat wawancara kerja dan hindari pula memakai perhiasan yang mencolok serta parfum yang begitu menyengat.

  5. Pakaian yang Cocok dengan Posisi yang Dilamar

    Upayakan untuk memilih pakaian yang sesuai dengan posisi yang anda lamar. Misalnya saja ketika anda ingin melamar menjadi sekretaris maka silakan memilih blazer dan gulung rambut dengan rapi. Untuk pekerjaan jurnalis dan pekerja kreatif lainnya silakan memilih pakaian yang kasual misalnya kemeja, sepatu kets dan celana jeans atau kain. Selain itu ketahui pula budaya yang ada di perusahaan supaya anda bisa menyesuaikan penampilan anda ketika mengikuti wawancara kerja.

Baca juga: Tips Berpakaian yang Tepat untuk Wanita Kurus

Demikianlah penjelasan mengenai tips berpakaian agar sukses saat wawancara kerja yang bisa menambah referensi dan wawasan anda. Untuk anda yang akan menghadapi wawancara kerja maka sebaiknya cobalah untuk menerapkan cara berpakaian di atas yang dijamin akan membuat anda lebih percaya diri dan membuka peluang lolos tes wawancara kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *