Tips Berpakaian Sopan untuk Mahasiswi Baru

Salah satu hal yang menjadi kebingungan bagi mahasiswi yang baru akan menikmati bangku kuliah adalah menentukan pakaian yang tepat untuk dikenakan ke kampus. Terbiasa mengenakan seragam ketika SMA, tentu menimbulkan sedikit kekhawatiran apakah pakaian bebas yang dipakainya ke kampus tergolong pantas atau tidak, melanggar peraturan atau tidak. Beberapa kampus tertentu memang menerapkan peraturan tersendiri dalam hal pakaian mahasiswi, mulai model hingga jenisnya. Namun tidak sedikit kampus yang tidak menuliskan peraturan yang jelas tentang cara berpakaian, sehingga mahasiswi cenderung mengeksplore penampilannya dengan bebas. Imbasnya, beberapa mahasiswi mendapat teguran dari dosen karena penampilannya dianggap tidak sopan atau tidak pantas. Kepantasan memang bukan hanya terkait dengan ukuran pakaian yang dikenakan, melainkan dari jenisnya. Berikut ini adalah ulasan mengenai tips berpakaian sopan untuk mahasiswi baru.

Baca juga: Tips Berpakaian yang Sopan bagi Gadis Remaja

Memakai Pakaian Berkerah

Salah satu siasat paling aman memilih pakaian atasan yang tepat ketika akan ke kampus adalah memakai pakaian berkerah seperti kemeja. Pakaian berkerah seperti kemeja memang identik dengan pakaian formal atau semi formal, sehingga cocok dikenakan ke kampus. Namun, tidak semua pakaian berkerah pantas dikenakan ke kampus, sebab banyak juga jenis pakaian berkerah yang menonjolkan bagian tubuh tertentu. Pakailah pakaian berkerah yang bahannya cukup tebal, tidak menerawang, dan warnanya kalem tidak mencolok. Kenakanlah kancing kemeja hingga di atas dada, atau jangan membuka lebih dari dua kancing. Agar lebih sopan, kenakanlah pakaian dalaman seperti tanktop atau kaos.

Jangan ke kampus dengan hanya mengenakan atasan berupa kaos. Kalaupun memang ingin mengenakan kaos, kenakan pula jenis pakaian luaran seperti cardigan lengan panjang

Bawahan yang Pantas

Bawahan merupakan item fashion yang paling rumit bagi mahasiswi. Walaupun jenis pakaian bawahan untuk wanita sangat beragam, namun memilih bawahan yang tepat untuk dikenakan ke kampus bukanlah hal yang sepele. Agar lebih aman dan netral, ketakanlah celana bahan yang modis untuk hari-hari pertama kuliah, sebab tidak semua kampus mengizinkan mahasiswinya mengenakan celana jeans. Jika ingin mengenakan rok, pakailah rok yang ukurannya di bawah lutut, jangan langsung memakai rok mini karena itu akan memancing perhatian.

Aksesoris Tambahan

Untuk meningkatkan penampilannya, biasanya mahasiswi akan mengandalkan beragam aksesoris, mulai dari syal, gelang, kalung, dan lain sebagainya. Pilihlah aksesoris yang benar-benar matching dengan pakaian yang dikenakan, tidak terlalu mencolok. Eksplorasilah penampilan dengan memilih tas dan sepatu yang cocok. Sepatu dan tas merupakan aksesoris yang dianjurkan, sebab masih sangat berkaitan erat dengan kegiatan belajar di kampus.

Itulah beberapa tips berpakaian sopan untuk mahasiswi baru. Untuk hari-hari pertama ke kampus, perhatikanlah gaya berpakaian mahasiswi lama pada umumnya. Perhatikan item fashion yang mereka pakai, sehingga kamu bisa memperoleh patokan tentang pakaian yang boleh dikenakan ke kampus dan yang tidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *