Tips Berbusana Ketika Akan Pergi Naik Gunung yang Perlu Diperhatikan

Naik gunung merupakan hal yang dapat dilakukan oleh semua orang. Bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak hingga orang tua tidak segan untuk melakukannya apabila memang sudah hobi. Dimana ada banyak hal yang menyebabkan masyarakat untuk suka naik gunung tersebut yaitu dari ingin menikmati pemandangan alam ketika di perjalanan saat mendaki dan juga saat tiba di puncak. Atau juga karena ingin memperbanyak teman dan pengalaman sehingga bisa memilih hobi yang satu ini. Ketika akan naik gunung ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pendaki gunung ini. Setidaknya hal tersebut adalah tips berbusana yang akan dikenakan dan dibawa, peralatan yang dibawa, dan juga pentingnya untuk mematuhi peraturan ketika di perjalanan.

Ketika naik gunung sebaiknya dilakukan secara berkelompok karena nantinya akan membutuhkan bantuan dan tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk melakukan perjalanan tersebut Anda juga dapat untuk bersenang-senang sehingga sebaiknya ditemani oleh teman ketika akan naik gunung. Selain itu juga karena peralatan yang tidak akan bisa dibawa sendiri sehingga bisa untuk dibagi-bagi bersama rekan naik gunung lainnya. Seperti membawa tenda, nesting dan kompor untuk memasak, matras, dan lainnya untuk keperluan di atas gunung nantinya. Selain dari itu bagi pemula atau yang akan naik gunung pertama kali juga akan bingung untuk pakaian yang harus dibawa. Sehingga bagi Anda yang akan naik gunung pertama kali bisa untuk menggunakan beberapa tips berpakaian yang tepat ketika naik gunung seperti:

  • Jangan memakai celana jeans ketat

Tips berbusana yang pertama adalah dengan menggunakan celana yang tepat yaitu hindari untuk menggunakan celana jeans yang ketat. Bagi wanita biasanya akan nyaman untuk menggunakan skinny jeans karena kaki akan lebih terlihat ramping. Padahal apabila menggunakan skinny jeans ketika mendaki bisa membuat kaki menjadi lebih tertekan dan juga mudah kram. Oleh karena itulah sebaiknya pakai bahan celana yang nyaman seperti kain dan bahan yang nyaman lainnya.

  • Pakai kaos yang nyaman

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan kaos yang nyaman karena akan sangat baik untuk dapat menyerap keringat dengan baik. Kaos biasanya akan lebih nyaman sehingga cocok digunakan untuk mendaki. Ketika mendaki juga Anda tidak perlu untuk membawa banyak kaos dimana hanya cukup membawa kaos yang dipakai dan satu kaos lagi untuk turun.

  • Jaket yang dapat melindungi dari dingin

Dan tips berbusana yang tepat untuk dapat mendaki gunung adalah dengan menyiapkan jaket dengan bahan yang tahan dingin. Ketika telah sampai di atas biasanya Anda akan menikmati udara dingin sehingga harus menyiapkan jaket yang dapat untuk melindungi dari dingin dengan benar bukan hanya jaket yang digunakan untuk gaya saja. Sehingga ketika berada di atas nantinya tidak kedinginan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *