Tak Tahan Melihat Komedo Menumpuk? Ini Dia Cara Mengangkat Komedo yang Bisa Kamu Lakukan!

Komedo hanyalah satu masalah di wajah di antara banyaknya masalah-masalah lain yang seringkali dianggap menakutkan bagi perempuan-perempuan, namun sudah banyak sekali cara mengatasi komedo yang dilakukan, tetapi belum berhasil. Berbagai masalah di wajah seperti kulit berminyak, jerawat, kulit wajah bersisik, wajah kusam adalah masalah yang sering dikeluhkan oleh banyak perempuan dan tak kunjung berakhir. Komedo hanya bagian kecil, namun sangat perlu perhatian.

Komedo bisa dikatakan sebagai jerawat, namun jerawat yang ringan, karena komedo hanyalah benjolan yang sangat kecil di pori-pori kulit wajah. Meskipun kecil dan sepele, sering sekali orang dibuatnya menjadi tidak percaya diri. Komedo terdiri dari berbagai jenis, antara lain komedo terbuka, komedo tertutup, komedo raksasa, dan sebagainya. Kehadiran komedo disebabkan oleh sel kulit mati yang mengumpul pada ujung luar folikel rambut.

Selain itu, kemunculan komedo juga memiliki beberapa faktor antara lain berkembangnya bakteri propionibakterium acnes pada kulit secara tidak terkendali, sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit, perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih, kulit yang terlalu kering, hingga menggunakan produk kecantikan dengan bahan dasar kimia yang berbahaya.

Sekarang ini, telah bermunculan berbagai produk serta cara untuk membersihkan komedo, mulai dari menggunakan alat, vaccum cleaner komedo, plester khusus komedo, masker, dan sebagainya. Mulai dari yang murah sampai yang paling mahal sekalipun. Jika kamu memiliki budget yang cukup, mungkin membersihkan komedo ke salon kecantikan bisa menjadi pilihan, namun karena menggunakan jasa orang lain tentu akan mengeluarkan budget yang bisa dibilang mahal.

Sedangkan buat kamu yang punya budget minim, kamu bisa kok mengangkat komedo sendiri. Yuk langsung saja kita simak cara mengangkat komedo berikut ini!

  1. Menggunakan buah lemon

Seperti banyak orang mengetahui, buah lemon kaya akan vitamin C. Buah lemon bisa menjadi salah satu pilihan untuk membersihkan komedo yang membandel di wajahmu. Caranyapun cukup sederhana, cukup dengan mengoleskan air perasan lemon pada area yang berkomedo dan tunggulah beberapa menit. Perlu kamu ketahui bahwa di dalam buah lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit.

  1. Jeruk nipis

Jika kamu tidak mendapatkan lemon, pilihan lainnya adalah menggunakan jeruk nipis. Sama halnya seperti lemon, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C dan juga anti-oksidan. Selain bisa membantumu mengangkat komedo di wajah, jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan jerawat loh!

Dengan manfaatnya yang mampu mengangkat sel kulit mati, cara menggunakannya pun cukup sederhana. Peraslah terlebih dahulu jeruk nipis tersebut, kemudian oleskan air perahan jeruk nipis tersebut ke bagian wajah yang terdapat komedo. Cukup diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan.

  1. Tomat

Di dalam tomat, terdapat senyawa anti-oksidan yaitu lycopine. Senyawa tersebut dipercaya mampu menangkal radikal bebas sehingga sel kulit mati bisa terangkat dan tidak menumpuk. Hal tersebut bisa membantu mengangkat komedo yang ada di wajah kamu. Tumbuklah tomat secara halus sampai terlihat seperti bubur, lalu oleskan pada wajah sebagai masker komedo. Diamkan selama setengah jam. Tomat juga bisa menjadi tabir surya alami yang mampu meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV.

Nah, itu dia tips dan cara mengangkat komedo yang bisa kamu gunakan. Tidak perlu mengeluarkan budget banyak-banyak, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *