Susah Banget Hilangin Komedo? Gunakan Masker Wajah dari Bahan Alami Aja!

Punya komedo di wajah tidak usah panik, karena kini ada masker alami untuk menghilangkan komedo. Komedo pasti bukan hal asing lagi buat kalian. Komedo yang biasanya paling banyak terlihat di hidung ini merupakan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah akibat minyak berlebih. Komedo terdiri dari dua jenis yakni komedo terbuka (blackhead) yang berwarna hitam atau cokelat dan komedo tertutup (whitehead) yang berwarna putih. Kehadiran komedo di wajah tentunya mengganggu penampilan dan kecantikan, sama halnya dengan kehadiran jerawat di wajah. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba masker wajah yang terbuat dari bahan alami untuk mengatasi masalah tersebut.

Kenapa masker wajah dari bahan alami? Karena masker dari bahan alami cenderung lebih aman di kulit, minim efek samping, murah, dan mudah didapatkan. Namun jika kamu mau mencoba masker peel off untuk mengatasi komedo juga tidak masalah. Disini ada rekomendasi masker peel off yang bisa dicoba https://review.bukalapak.com/beauty/susah-hilangkan-komedo-di-hidung-coba-5-masker-peel-off-komedo-ini-25333. Lalu bahan-bahan alami apa saja ya yang cocok digunakan untuk mengatasi masalah komedo? Inilah beberapa bahan tersebut :

  1. Telur

Selain enak dikonsumsi, ternyata telur bisa menjadi bahan yang ampuh untuk mengatasi komedo. Bahkan menurut para ahli, metode termudah untuk menghilangkan komedo hanya membutuhkan putih telur dan susu saja. Kandungan protein di dalam putih telur ternyata efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah yang terbuka. Selain itu, putih telur juga mengandung magnesium yang mampu menyerap minyak berlebih di wajah.

Manfaat kedua kandungan tersebut menjadikan kulit tidak berminyak dan pori-pori semakin mengecil sehingga pasti akan mengurangi dan tidak menimbulkan komedo di wajah. Namun harus diingat bahwa bagian telur yang digunakan hanya putih telur saja, jadi pisahkan terlebih dahulu putih telur dan kuning telur. Setelah putih telur dipisahkan, oleskan putih telur tersebut di area yang berkomedo seperti hidung dan sekitar pipi. Setelah diolesi telur, lapisi wajah dengan tisu dan biarkan hingga mengering. Jika sudah terasa mengering, angkat tisu yang menempel dan bersihkan wajah. Untuk mendapatkan wajah bersih komedo, lakukan cara ini secara rutin sekitar 2-3 kali seminggu.

  1. Lemon

Lemon sepertinya memang sudah menjadi bahan utama dari berbagai produk kecantikan khususnya untuk mencerahkan kulit. Selain itu, lemon juga mampu menghilangkan komedo di wajah. Hal ini karena lemon mengandung asam alfa hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas hingga ke kulit bagian dalam. Kandungan lemon lainnya yakni asam sitrat dan astringent juga akan mengecilkan pori-pori sehingga kotoran tidak mudah masuk. Jika pori-pori besar ditambah dengan masuknya polusi dan kotoran, maka akan muncul jerawat dan komedo.

Cara menggunakan lemon sebagai masker alami sangat sederhana. Bisa dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah lalu didiamkan hingga mengering. Atau cara lain yakni dengan menempelkan potongan-potongan lemon di wajah yang telah dibersihkan sambil menggosok-gosokkannya. Dengan rutin melakukan ini, wajahmu akan terbebas dari komedo dan jerawat, serta semakin bercahaya.

 

  1. Tomat

Jangan hanya memanfaatkan tomat untuk dikonsumsi saja, tomat juga bisa digunakan sebagai masker penghilang komedo yang cukup efektif. Kenapa tomat bisa menjadi masker penghilang komedo? Hal ini terjadi karena tomat mengandung likopen yang bersifat antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa tomat mampu mencegah dan menghilangkan komedo karena antioksidan di dalamnya menangkal radikal bebas dan mengangkat sel-sel kulit mati. Jika kamu rutin menggunakan masker tomat, pori-pori wajah akan mengecil. Dengan pori-pori yang mengecil tentunya bakteri penyebab komedo dan jerawat tidak mudah masuk. Alhasil wajah akan bebas dari komedo dan semakin halus.

Untuk menggunakan masker tomat ini, kamu harus menumbuk tomat hingga halus atau menggunakan blender agar lebih cepat dan mudah. Setelah itu, oleskan tomat yang sudah dihancurkan tadi ke wajah terutama daerah yang berkomedo. Diamkan hingga masker mengering kira-kira sekitar 30 menit. Lakukan hal ini secara rutin dan lihat hasilnya pada kulit wajahmu yang bebas dari komedo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *