Sarung sebagai Item Fashion Terkini

Sarung sebagai Item Fashion Terkini

Siapa yang tahu sarung? Sarung termasuk salah satu jenis item fashion dari Indonesia. Jika biasanya sarung hanya digunakan oleh para lelaki muslim yang hendak beribadah, namun kini sarung sudah menjadi item fashion terkini yang banyak digunakan.

Sarung bisa dikatakan sudah merambah ke ranah fashion modern, jika dulu sarung hanya memiliki motif konvensional berupa kotak-kotak dengan warna yang standar. Maka kini sarung sudah memiliki motif dan corak yang lebih beragam. Bahkan, tak sedikit para desainer yang menjadikan sarung sebagai bahan atau pelengkap fashion ketika peragaan busana.

baca juga: Fashion Terkini Busana Muslim Yang Fashionable

Adanya sarung dalam tren busana terkini memang menjadi sebuah kabar baik, hal ini dikarenakan penggunaan sarung memang berawal dari tradisi serta adat. Sarung memang tidak hanya dikenakan oleh masyarakat Indonesia saja, akan tetapi juga menjadi busana sehari-hari yang kerap dikenakan oleh masyarakat di benua Asia serta Afrika.

Masing-masing negara tentunya memiliki ciri khas masing-masing, begitu juga dengan sarung dari Indonesia yang masing-masing daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Ada yang berupa sarung lukis, sarung batik, namun yang paling banyak adalah sarung tenun.

Kain tenun memang selama ini menjadi bahan untuk produk fashion, maka sarung memang dijadikan alternatif dalam ranah fashion ini. Jika dulu sarung hanya dikenakan oleh para pria, maka kini para kaum hawa pun bisa menggunakan sarung, termasuk ketika sedang pergi jalan-jalan karena sarung memang memiliki bahan yang nyaman ketika dikenakan.

Akhir-akhir memang banyak desainer yang mulai mengkampanyekan sarung untuk busana fashion terkini, salah satunya adalah dengan mengenalkan gaya baru dalam pemakaian sarung. Jika biasanya sarung dikenakan denga cara digulung pada bagian depan, maka kini ada cara mengenakan sarung dengan lebih longgar serta nyaman, ada juga cara drapery, lipat, sampai mengenakan sarung dengan cara lilit bertumpuk sehingga lebih stylish.

Penggunaan sarung bisa dipadukan dengan bahan material kain lainnya seperti tenun goyor Sukoharjo, Tenun Troso, Tenun Lurik, Batik Kelengan, dan Tenun Tanimbar.

Untuk padu padan bagian alas kaki, sarung tak hanya bisa dipadupadankan dengan alas kaki flat, namun juga bisa dengan high heels atau boot yang tentunya akan membuat penampilan semakin unik, berbeda, namun tetap stylish.  

Adanya padu padan ini akan menghasilkan tampilan yang tak hanya modern dan edgy, namun juga tetap modern dan berselera global tanpa harus meninggalkan kekayaan budaya asli dari Indonesia.

Agar terlihat lebih natural dan tradisional, biasanya sarung digunakan dengan cara dililit, akan tetapi apabila takut melorot, sarung bisa dijahit sedemikian rupa seperti rok sehingga tidak akan mudah melorot. Tak perlu malu untuk menggunakan sarung sebagai item fashion terkini, karena selain terlihat unik, juga bisa membawa hasil karya tradisional ke ruang yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *