Ragam Campuran dan Kegunaan Rose Water untuk Wajah!

Mawar adalah salah satu jenis bunga yang biasanya menjadi simbol romantisme seseorang. Selain romantic dan harum, bunga ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi wajah. Hal ini dikarenakan zat antioksidan yang ada pada bunga mawar ini berfungsi untuk menyegarkan sekaligus menetralkan ph kulit. Karena manfaatnya tersebut, tak heran kini banyak produsen kosmetik yang menggunakan mawar sebagai bahan produknya. Salah satu produk yang memiliki kandungan mawar didalamnya adalah rose water. Adapun manfaat air mawar untuk wajah sangatlah banyak, beberapa di antaranya adalah menenangkan kulit, menjaga keseimbangan ph kulit, mengecilkan pori-pori kulit hingga menyembuhkan jerawat. Berikut adalah campuran dan beragam kegunaan rose water untuk wajah!

  1. Sebagai toner

Kegunaan rose water yang pertama dan yang paling umum ditemui adalah sebagai toner. Hal ini karena air mawar mengandung zat antiinflamasi yang berguna untuk menenangkan kulit. Selain itu, air mawar juga dapat dijadikan sebagai alternative untuk menggantikan produk toner lain yang biasanya mengandung alkohol dan bahan kimia. Adapun cara pemakaian dari air mawar ini adalah, diaplikasikan dengan cara disemprot atau dituang sedikit ke kapas pembersih wajah untuk dioleskan. Lakukan pada pagi dan malam hari setelah mencuci wajah untuk hasil lebih maksimal.

  1. Air mawar untuk membersihkan kulit

Kegunaan rose water kedua adalah untuk membersihkan kulit. Kandungan antioksidan yang ada pada air mawar dipercaya dapat menangkal radikal bebas pada kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mencegah pori-pori tersumbat serta membersihkan kulit dari kotoran dan debu yang menempel seharian. Dengan bersihnya kulit wajah tersebut, maka wajah pun akan menjadi lebih cerah dan bercahaya.

  1. Sebagai bahan campuran masker dan peeling

Kegunaan air mawar berikutnya adalah dapat dijadikan bahan campuran masker wajah atau peeling yang akan digunakan sebagai rangkaian perawatan rutin mingguanmu. Untuk dapat menggunakan air mawar sebagai campuran masker wajah dan peeling, hal-hal yang harus dilakukan di antaranya adalah menyiapkan air mawar dan masker yang ingin digunakan lalu campurkan keduanya. Setelah mendapatkan tekstur masker atau peeling wajah yang kental. Selanjutnya, aplikasikan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan secara merata, serta hindari area mata dan bibir. Diamkan selama dua puluh hingga tiga puluh menit hingga masker atau peeling tersebut mengering atau kandungan air mawarnya terserap sempurna pada kulit. Bila sudah kering, bersihkan masker atau peeling dengan cara memutar sembari menggosok kulit wajah secara perlahan. Terakhir bilas wajah dengan air bersih.

  1. Penggunaan campuran air mawar dan kayu cendana untuk kulit berjerawat

Untuk kulit berjerawat, campuran air mawar dan kayu cendana bisa digunakan untuk mengobatinya lho. Hal ini karena zat antibakteri dan antimikroba yang ada pada air mawar memiliki fungsi untuk mengobati dan mencegah jerawat datang kembali. Selain itu, air mawar juga ampuh digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. Adapun bubuk cendana adalah salah satu bahan alami yang dapat menyerap kelebihan sebum atau minyak sehingga campuran keduanya akan menjadi perpaduan yang ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Demikianlah beberapa campuran dan kegunaan air mawar untuk berbagai permasalahan kulit. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajahmua lebih dahulu sebelum menggunakan air mawar. Bila kamu ingin tahu manfaatnya lebih jauh lagi, kamu bisa baca tautan atau link di bawah ini ya!

https://review.bukalapak.com/beauty/mengenal-5-manfaat-air-mawar-untuk-kulit-wajah-3663

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *