Mempersiapkan Peralatan Sekolah untuk Hari Pertama Anak Sebagai Siswa Baru

 

Bersekolah menjadi kewajiban untuk setiap anak agar dapat memperoleh pendidikan yang layak sehingga ilmunya dapat digunakan untuk masa depan anak tersebut. Untuk bersekolah tidak hanya mengenakan seragam namun juga menyiapkan peralatan sekolah terutama untuk anak Anda yang baru pertama kali memasuki sekolah tersebut atau menjadi siswa baru.

Sebelum Anda membeli peralatan tersebut, Anda sebaiknya mencatat peralatan apa yang harus dibeli terutama jika anak Anda menjalani ospek.

Setelah Anda memiliki daftar dari perlengkapan yang harus dibeli tersebut, segera ke toko yang menjual perlengkapan tersebut. Beberapa toko yang menjual perlengkapan untuk sekolah misalnya toko buku ataupun toko seragam, biasanya akan langsung ‘diserbu’ oleh orang tua yang juaga mempersiapkan kebutuhan anak. Jika tidak segera membeli perlengkapan tersebut, maka Anda akan susah menemukannya karena tidak hanya satu sekolah yang membutuhkan perlengkapan itu namun setiap sekolah.

Kedua adalah jika Anda sudah memiliki bahan seragam untuk anak, segera masukkan ke penjahit sehingga dapat segera dibuat. Tidak hanya toko perlengkapan dan peralatan sekolah yang akan penuh namun juga penjahit. Biasanya, jika siswa baru mengenakan pakaian yang berbeda karena seragamnya belum jadi, justru membuat anak menjadi khawatir karena mengira akan dihukum yang disebabkan tidak menggunakan seragam yang sama dengan yang lainnya.

Ketiga adalah mempersiapkan peralatan sekolah untuk MOS atau Masa Orientasi Siswa. Masa MOS sebagai masa pengenalan sekolah tidak jarang mengharuskan anak untuk membawa perlengkapan yang aneh yang akan digunakan untuk mengikuti acara tersebut. Biasanya, selain makanan yang harus dibawa sebagai bekal, Anda juga harus mempersiapkan tas khusus untuk MOS ataupun pakaian dan dandanan anak yang harus sesuai dengan yang telah ditentukan oleh panitia MOS. Agar tidak lupa dan tidak terburu-buru saat mencarinya, sebagai orang tua Anda harus bertanya kepada Anak mengenai barang apa yang dibutuhkan.

Peralatan Sekolah

Beberapa peralatan dan peralatan yang harus dipersiapkan sebelum masuk sekolah yaitu:

  • Tas. Pastikan tas yang digunakan oleh anak tidak terlalu besar terutama untuk anak yang baru masuk SD sehingga selain tidak membuat anak terlihat seperti kura-kura, juga tidak mengganggu aktivitas anak. Tas tersebut juga sebaiknya dapat digunakan untuk menyimpan keperluan anak.
  • Sepatu. Sebaiknya pilih sepatu yang 1-2 nomor diatasnya karena pertumbuhan anak yang cepat sehingga membuat sepatu mudah sempit dan Anda harus membeli sepatu yang baru.
  • Peralatan tulis seperti pensil, penghapus, buku dan pulpen serta penggaris. Untuk buku, sebaiknya beli 2-3 pak sehingga Anda tidak usah berkali-kali membeli buku tersebut.
  • Atribut sekolah seperti tali dan tongkat pramuka serta topi.
  • Tempat makan dan minum agar anak tidak jajan sembarangan dan untuk menghemat uang saku.

Untuk anak yang baru masuk SD, pastikan jika Anda mencoba untuk membuat anak agar mau sekolah dan tidak takut terhadap lingkungan barunya.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar anak bersemangat masuk di hari pertamanya, yaitu:

  • Memilih peralatan sekolah yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan anak namun tetap mengikuti peraturan dari sekolah.
  • Melibatkan anak untuk mempersiapkan barang yang akan dibawa dan digunakan ke sekolah termasuk peralatan sekolah. Misalnya dengan memberi label dari barang yang dimiliki atau memasukkan pensil dan penghapus ke dalam tempat pensil yang akan dibawa.
  • Menceritakan hal menarik kepada anak sehingga anak tidak takut untuk bersekolah dan menemukan hal baru yang menarik.

Untuk membeli peralatan sekolah anak yang berkualitas dengan harga murah tanpa harus keluar rumah, anda bisa membeli di toko online terpercaya di Bukalapak harga murah bisa cincay. Semoga artikel ini bermafaat dan bisa menjadi refrensi untuk memilih peralatan sekolah yang berkualitas untuk anak anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *