Model Pakaian Adat untuk Acara Kebudayaan

 

Indonesia memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang sangat kaya sebagai warisan budaya. Tak aneh jika sebagai bangsa kita seringkali diminta untuk menggunakan pakaian adat sebagai bentuk menghormati dan pelestarian warisan daerah. Seringkali perintah untuk menggunakan pakaian adat tersebut datang dari atasan, perkumpulan organisasi atau acara-acara kebudayaan tertentu. Bagi Anda yang saat ini sedang kebingungan untuk menentukan model pakaian adat mana yang akan dikenakan untuk memenuhi undangan acara kebudayaan dan acara khusus lainnya, berikut ini adalah beberapa pakaian adat yang bisa dipertimbangkan.

Baca juga: Memaknai Arti Model Pakaian Adat untuk Generasi Muda

  • Pakaian adat Sumatra.

Ada beberapa suku di pulau Sumatra yang semuanya memiliki pakaian adat yang sangat menarik. Salah satunya dalah suku Batak yang terkenal dengan kain ulosnya. Pakaian adat Batak dengan kain ulos bisa dikenakan dengan cukup nyaman untuk kegiatan modern karena tidak banyak aksesoris yang harus disertakan. Kain ulos juga memiliki kecantikan tersendiri yang bisa Anda pamerkan sebagai kekayaan budaya. Untuk pria, jangan lupa mengenakan penutup kepala dari kain berwarna merah emas senada dengan ikat pinggang. Sedangkan untuk wanita, juga terdapat ikat kepala yang lebih sederhana. Selain suku Batak, terdapat suku Melayu yang pakaian adat nya juga baik digunakan untuk berbagai acara. Untuk pria, pakaian adat Melayu sangat identik dengan kain sarung yang dipakai hingga setengah betis menutupi celana. 

  • Pakaian adat Jawa.

Model pakaian adat dari suku Jawa biasanya akan lebih banyak dikenakan apalagi jika Anda berada di pulau Jawa. Jangan bayangkan Anda menggunakan pakaian adat hitam-hitam seperti pada pasangan pengantin di Jawa Tengah karena akan membuat badan Anda gerah untuk kebutuhan luar ruangan. Anda bisa menggunakan kebaya formal ataupun pakaian adat Madura dan Sunda yang lebih adem. Para pria juga bisa menggunakan busana coklat bergaris yang sangat identik dengan busana adat atau busana tradisional jaman peperangan dan kerajaan. Sedangkan para wanita bisa menggunakan kebaya kutu baru yang kini sudah banyak dimodifikasi dengan model yang lebih modern.

  • Pakaian adat Sulawesi.

Baju bodo adalah salah satu pakaian adat dari pulau Sulawesi yang kini sudah mula mendunia. Dibuat dari kain yang longgar sehingga nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan. Menggunakan warna-warna yang cerah seperti orang, hijau dan kuning sehingga kegiatan Anda akan lebih terasa semarak.

Itulah beberapa model pakaian adat yang bisa Anda pilih untuk berbagai acara atau kegiatan yang mengharuskan Anda menggunakan pakaian adat. Selain untuk memenuhi perintah atau dress code, penggunaan pakaian adat juga selayaknya dijadikan kebiasaan terutama untuk acara-acara semi formal. Miliki dan gunakanlah pakaian adat untuk menjaga kelestariannya sebagai salah satu bentuk kecintaan terhadap warisan negeri sendiri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *