Model Pakaian Adat Khas Betawi Pria Dan Wanita

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas busana adatnya masing-masing, termasuk penduduk asli Jakarta yaitu Betawi. Orang Betawi memiliki ciri khas model pakaian adat yang membedakan dengan suku-suku lainnya di Indonesia. Berikut ini kita akan membahas aksesoris atau atribut yang digunakan pada pakaian adat masyarakat Betawi.

Baju Adat Betawi Untuk Pria

  • Baju Koko

Sadariah atau lebih dikenal dengan baju koko merupakan atribut pertama dari model pakaian adat Betawi yang digunakan oleh pria. Perbedaan baju koko adat Betawi dengan baju koko yang dijual di pasaran adalah pada baju koko Betawi tidak memiliki motif dan hanya satu warna atau polos.

  • Celana Batik

Baju koko adat Betawi dipadukan dengan celana batik. Celana batik model kolor atau yang memiliki karet pada bagian pingganggnya ini memiliki panjang di bawah lutut. Motif batiknya tidak terlalu ramai. Biasanya warna kain yang biasa digunakan untuk celana adat Betawi adalah hitam, coklat dan putih.

  • Selendang

Atribut berikutnya yang digunakan untuk baju adat Betawi adalah selendang, tapi bukan selendang yang umumnya digunakan oleh kaum wanita. Selendang adat betawi ini digunakan khusus untuk pria disebut sarung atau sorban. Sorban yang dimaksud bukan yang digunakan di kepala, sorban berupa kain ini dilipat lalu diletakkan ke pundak atau dikalungkan ke leher.

  • Peci

Atribut terakhir untuk pakaian adat pria Betawi adalah peci. Tentu semua sudah tahu apa itu peci. Peci adalah semacam tutup kepala berwarna hitam, biasanya digunakan oleh umat islam di Indonesia untuk ibadah sholat. Di Betawi peci disebut dengan nama kopyah. Selain warna hitam, ada juga yang warnanya merah dan terbuat dari bahan beludru.

Baju Adat Wanita Betawi

  • Baju Kurung

Pakaian adat wanita betawi disebut baju kurung. Biasanya memiliki model lengan  pendek, warna yang digunakan adalah warna-warna cerah dan mencolok. Seiring perkembangan baju kurung mengalami perubahan model, yaitu penambahan saku dibagian depan.

  • Kain Sarung Batik

Bawahan baju kurung menggunakan sarung batik. Selain itu digunakan juga untuk tutup kepala. Biasanya warna warna yang digunakan adalah warna cerah dengan motif geometri.

  • Kerudung

Selain menggunakan baju kurung dan kain batik, wanita Betawi juga menggunakan kerudung untuk menutupi kepala. Kerudung yang digunakan menyerupai kain selendang wanita dan biasanya digunakan oleh wanita yang usianya masih muda. Cara menggunakannya tidak seperti menggunakan jilbab, hanya dengan meletakkan di kepala tanpa mengaitkan sisi-sisinya menggunakan peniti

Biasanya digunakan saat oleh none-none Jakarta saat kontes abang none. Warna kerudungnya bisa disesuaikan dengan warna dan model pakaian adat Betawi yang dipakai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *