Model Pakaian Adat : Kebaya Bali

Model Pakaian Adat : Kebaya Bali – Kain kebaya Bali menjadi salah satu bahan untuk membuat busana kebaya yang sangat populer. Beberapa daerah di Indonesia memang memiliki model kebaya yang cukup terkenal, seperti model kebaya Jawa, kebaya Batak, dan kebaya Bali. Masing-masing model tentu memiliki desain yang berbeda-beda sesuai dengan daerahnya. Kebaya merupakan busana tradisional khas Indonesia yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Di Bali, kebaya digunakan sebagai pakaian adat untuk upacara tertentu. Saat ini busana ini sudah didesain dengan berbagai macam model yang lebih modern sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam acara. Baju kebaya bali biasanya dipadukan dengan bawahan rok batik khas Bali. Lalu apa yang membedakan kebaya khas Bali dengan kebaya Jawa atau kebaya dari daerah lainnya?

Baca juga: FASHION TERKINI DENGAN KEARIFAN LOKAL

Jika dilihat sekilas, model pakaian adat kebaya Bali memiliki ciri khas dibanding dengan kebaya dari daerah lainnya. Kain kebaya Bali sangat lekat dengan tradisi serta ritual yang dilakukan di provinsi Bali. Ciri yang paling khas adalah kebaya Bali memiliki kain yang diikatkan di bagian pinggang dengan warna yang kontras dengan warna kebaya. Kain tersebut biasanya dibentuk menyerupai bentuk pita ataupun ditambah aksesoris bunga yang memiliki warna senada. Meskipun sama-sama menggunakan bahan yang tipis sebagai bahan dasar kebaya, ciri lain dari kebaya Bali adalah memiliki motif serta corak yang berbeda. Jika diperhatikan secara detail, kebaya Bali memiliki corak atau embroidery dengan bentuk bunga teratai lebih banyak. Ini tentu berbeda dengan kebaya Jawa yang lebih didominasi bentuk lekuk memanjang. Untuk warna, kebaya Bali banyak menggunakan warna terang seperti kuning, orange, ataupun warna merah.

Model kebaya Bali yang paling sering dijumpai adalah model kebaya Kutu Baru. Model kebaya ini memang terkesan tradisional namun dengan modifikasi yang tepat maka akan menghasilkan model kebaya yang elegan. Berikut beberapa model kebaya khas Bali yang bisa menjadi referensi. Model lainnya adalah kebaya Model Brokat, busana kebaya Bali yang dipadukan dengan bahan brokat akan tampak anggun dan elegan. Dengan corak yang terang dengan sabuk dengan warna yang kontras akan membuat lebih modern. Kebaya model brokat ini dapat Anda gunakan untuk menghadiri pesta pernikahan ataupun pesta-pesta lainnya.

Kain kebaya Bali juga dapat dipadukan untuk menghasilkan model kebaya rangrang. Batik rangrang merupakan salah satu jenis Batik yang cukup populer di Indonesia. Biasanya masyarakat bali menggunakan batik rangrang sebagai bawahan kebaya Bali. Model bawahan rok juga dibentuk sesuai dengan selera Anda misalnya bentuk tulip, rok span dan sebagainya. Untuk bagian ikat pinggang Anda dapat menyesuaikan dengan pola dari kebaya dan bawahan yang digunakan.

Model kebaya Bali yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar Nasional. Ciri khas dari model kebaya ini adalah di bagian lengan memiliki bentuk seperti lonceng. Kemudian terdapat hiasan seperti bordir yang mampu memberikan kesan anggun serta elegan. Salah satu trend kebaya yang sedang ngetrend adalah baju kebaya model kimono. Seperti yang kita ketahui bahwa kimono merupakan pakaian khas Jepang yang sudah menyebar hampir ke seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia. Perpaduan baju kebaya khas Indonesia dengan pakaian khas Jepang ini mampu menghasilkan model kebaya yang modern. Model kebaya ini dapat digunakan untuk menghadiri acara resmi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *