Model Batik Terbaru untuk Momen Santai

Model Batik Terbaru untuk Momen Santai

Baju batik sudah identik sebagai pakaian formal yang dikenakan ketika momen-momen resmi, seperti undangan pernikahan dan pakaian untuk pegawai pekerja kantoran. Saking identiknya batik sebagai pakaian formal, banyak anak muda yang enggan mengenakan batik sebab takut terkesan lebih tua dari usianya. Padahal, batik merupakan warisan luhur Nusantara yang harus dilestarikan, terutama oleh generasi muda. Berangkat dari kesadaran akan pentingnya melestarikan batik, para desainer dan produsen pakaian memproduksi berbagai model batik terbaru yang cocok untuk dikenakan oleh anak muda. Kini, tampil mengenakan pakaian batik tidak lagi dianggap sebagai pakaian yang kuno dan memberikan kesan formal. Batik juga dapat dijadikan pakaian sehari-hari dan dikenakan di berbagai momen santai. Berikut ini adalah beberapa model pakaian terbaru yang mengandalkan bahan dan corak batik yang cocok dikenakan di momen santai.

Jaket Batik

Jaket pada mulanya identik sebagai pakaian tebal untuk memberikan kehangatan dan melindungi dingin. Jaket banyak digunakan pada malam hari utamanya ketika cuaca sedang dingin. Pada perkembangannya, jaket tidak lagi sekadar dijadikan pakaian penghangat tubuh, melainkan dijadikan item fashion trendy yang dapat mendongkrak penampilan. Banyak sekali diproduksi berbagai model dan jenis jaket batik yang notabene melenceng dari fungsi asalnya sebagai pakaian penghangat. Salah satu inovasi di bidang desain dan produksi jaket adalah jaket batik. Jaket batik biasanya mengandalkan bahan parasit yang dipadukan dengan kain batik, hasilnya adalah model batik terbaru yang sangat trendy.

Cardigan Dress Batik

Cardigan merupakan jenis pakaian luaran yang didesain berlengan panjang, sementara dress merupakan pakaian terusan yang juga disebut dengan gaun yang identik sebagai pakaian pesta. Saat ini, terdapat model pakaian terbaru yang memadukan antara cardigan denagn dress, yaitu cardigan dress. Pakain jenis ini didesain mirip dress, namun difasilitasi dengan pakaian luaran seperti cardigan. Di pasaran, mulai bermunculan cardigan dress yang mengandalkan kain batik, yang biasanya memadukan dua corak batik atau lebih. Bagian cardigan mengandalkan corak batik yang lebih rapat dan berwarna tua, sedangkan bagian dressnya mengandalkan corak batik yang lebih meriah dengan warna yang kalem. Perpaduan antara dress dengan cardigan membuat pakaian jenis ini memberikan kesan santai, sehingga cocok digunakan untuk pakaian sehari-hari.

Korean Blazer Batik

Blazer merupakan jenis baju luaran yang mirip dengan fungsi jas, namun blazer diproduksi khusus untuk wanita. Blazer yang sangat digemari di pasaran saat ini adalah blazer Korea, yaitu blazer yang terinspirasi dari busana kerja kantoran perempuan Korea. Ciri khas blazer Korea adalah bagian kerahnya yang didesain tanpa lipatan, terkadang hanya mengandalkan potongan leher berbentu V atau O (lingkaran penuh). Tidak hanya melakukan inovasi dengan model kerah, bahan yang dipilih untuk memproduksi pakaian jenis ini pun beragam, salah satunya adalah batik, sehingga jadilah Korean blazer sebagai model batik terbaru yang sangat digemari oleh wanita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *