Mengenal Macam-macam Model Baju Muslim Pria dari Seluruh Dunia

Para pemeluk agama islam atau yang dikenal dengan seorang muslim, memang dituntut untuk selalu menjaga auratnya, untuk kaum hawa sendiri tuntutannya lebih banyak, karena semua bagian termasuk aurat, hanya telapak tangan dan juga wajah saja yang tidak. Berbeda dengan para lelaki yang jauh lebih aman, karena aurat hanya dibatasi mulai dari bawah pusar hingga ke paha sama. Sehingga jika dilihat model baju muslim untuk pria sendiri tidak akan sebanyak kaum hawa.

Mengenal Macam-macam Model Baju Muslim Pria dari Seluruh Dunia

Wanita pada dasarnya memang diberikan lebih banyak pilihan model, leluasa dalam pilah-pilih busana yang nyaman untuk mereka namun tetap menutup aurat. Di Indonesia sendiri umumnya para pria muslim hanya memakai pakaian yang bernuansa islami ketika moment-moment tertentu saja, diantaranya adalah saat ingin datang ke sebuah acara bernuansa islami layaknya pengajian, atau acara-acara tertentu seperti lebaran. Maka sudah menjadi kewajiban untuk memakai busana muslim.

Meskipun terlihat itu-itu saja, namun ternyata jika melihat dari berbagai penjuru dunia ada banyak sekali model baju muslim untuk kaum adam ini, berikut ini beberapa diantaranya, yaitu:

  1. Gallabiya, model yang satu ini pastinya tidak akan populer di Indonesia, kecuali untuk mereka para ulama-ulama saja, mengingat nampak seperti daster, yaitu memiliki lengan dan juga bentuk yang panjang sampai ke bagian kaki, namun polosan satu warna tanpa tambahan aksesoris yang lainnya. Model pakaian ini masih banyak digunakan oleh masyarakat Mesir, baik itu dalam kondisi formal maupun non formal.
  2. Jubbas, model ini hampir sama dengan gallabiya, hanya saja berasal dari negara Turki, masih ada beberapa akses, diantaranya adalah saku di bagian depannya, tidak terlalu polosan seperti gallabiya. Begitu juga dengan corak, karena beberapa modelnya masih dilengkapi dengan adanya corak pada beberapa bagian dari busana tersebut.
  3. Koko, modal yang masih banyak digunakan oleh masyarakat dalam negeri, baju koko memiliki panjang yang normal sama halnya dengan kemeja, kadang dibekali dengan akses motif-motif tertentu, sehingga membuat tampilannya lebih menarik. Dipopulerkan dari China hingga masuk ke Indonesia.
  4. Kurta, model busana yang populer di kawasan India, Nepal, Bangladesh hingga Afganistan, model panjangnya hanya ¾ tubuh, yaitu sampai bagian lutut saja dan biasanya dilengkapi dengan sebuah celana khusus yang longgar.
  5. Thobes, model ini populer dari wilayah Timur Tengah, menutup sampai mata kaki atau seluruh bagian tubuh, namun bagian depannya masih dilengkapi dengan kancing sampai dada, sehingga lebih mirip dengan sebuah kemeja, juga ada beberapa akses atau motif.

 

Baca juga Model Baju Muslim yang Simple untuk Kuliah dan Kerja

Beberapa diantara model baju muslim pria tersebut memang masih banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, namun juga banyak diantaranya yang tidak karena tidak sesuai dengan budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *