Mengenal Arti Corak Baju Batik yang Sesuai Dipakai ke Acara Tertentu

Batik memang dikenal sebagai sebuah warisan dari budaya Indonesia yang dibudidayakan menjadi sebuah pakaian dan juga kain-kain yang serba guna. Saat ini, baju batik sudah banyak sekali modelnya yang dibuat dengan berbagai jenis corak-coraknya. Baju-baju yang diciptakan dengan bermotifkan batik tersebut saat ini sudah berkembang juga dan mampu mengikuti perkembangan dunia fashion pada saat ini. Dan baju-baju tersebut mampu bersaing di dunia internasional dan mengharumkan nama bangsa. Namun, siapa sangka bahwa setiap corak batik tersebut mengandung makna yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis corak batik dan kegunaannya:

  • Jalu Mampang

Corak batik yang pertama yang harus Anda ketahui adalah motif Jalu Mampang. Motif ini bernuansa klasik dan mengandung arti tentang gairah dan juga semangat hidup. Biasanya, motif batik ini dijadikan sebuah baju dan dipakai untuk menghadiri acara resmi seperti pernikahan seseorang sebagai tanda bahwa Anda merestui kedua belah pengantin untuk hidup bersama dan juga mendoakan pasangan tersebut agar bisa terus langgeng. Jadi jika Anda akan menghadiri suatu acara pernikahan, baju dengan corak ini sangat direkomendasikan untuk Anda pakai.

  • Sido Jodho

Baju batik yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai baju pasangan atau couple, atau juga bisa dijadikan bahan sebagai pakaian pernikahan. Hal ini dikarenakan arti dari namanya, yaitu menjadi berjodoh. Jika mengenakan baju dengan motif ini, berarti mereka berdoa agar bisa bersama dengan pasangannya sampai tua. Baju dengan motif ini juga paling sering digunakan saat acara lamaran atau pun bertunangan. Dengan ini pun, tanpa disadari, Anda sudah berdoa agar hubungan dengan pasangan bisa selalu langgeng dan baik-baik saja.

Baca juga: Ini Alasannya Baju Batik Dipilih Sebagai Baju Couple

  • Parang

Motif batik yang satu ini menjadi motif yang paling banyak dijumpai oleh masyarakat Indonesia dari berbagai daerah, begitu juga dengan orang-orang yang berasal dari manca negara. Motif Parang ini pada dulunya merupakan pakaian untuk anggota kerajaan dan mempunyai arti kewibawaan dan juga kebijaksanaan. Batik ini berasal dari Jawa dan sering digunakan saat seseorang sedang memberikan penghormatan. Anda pun bisa menggunakannya untuk menghadiri acara-acara formal mau pun casual dengan menggunakan ini. Selain itu, batik ini tidak memiliki arti lain selain kehormatan dan juga kebijaksanaan.

  • Slobok

Motif baju batik yang terakhir yang harus Anda ketahui adalah motif Slobok yang berarti longgar pada bahasa Jawa. Motif ini biasanya digunakan ketika ada yang merasa duka cita. Arti dari batik ini adalah mendoakan arwah yang meninggal tersebut agar diberi kelonggaran dan kuburnya lapang. Motif ini terdiri dari segitiga yang geometris dan berwarna hitam putih. Jadi, jangan heran jika pada saat berduka, ada yang mengenakan batik, karena hal itu adalah cara mengucapkan bela sungkawa juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *