Memilih Model Pakaian Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Memilih Model Pakaian Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Kepribadian seseorang, dapat tercermin dari busana yang dikenakannya. Penampilan memang kerap dijadikan bahan penilaian pertama untuk menebak karakter dan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, kita mesti teliti dan hati-hati dalam memilih pakaian. Jangan sampai persepsi orang bisa negatif atau keliru tentang diri kita hanya karena kita salah memilih pakaian. Salah satu cara untuk menunjang penampilan, adalah memperhatikan busana yang dikenakan. Busana memang dapat mendongkrak penampilan seseorang, terutama jika busana atau pakaian tersebut merupakan pakaian yang tepat. Akhli busana bersepakat bahwa model-model busana tertentu sangat cocok digunakan oleh orang-orang dengan postur tubuh tertentu. Atau dengan kata lain, setiap busana sebenarnya diproduksi untuk menunjang penampilan seseorang dengan postur atau bentuk tubuh tertentu. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara memilih model pakaian yang disesuikan dengan bentuk tubuh masing-masing.

  1. Postur Tubuh Bahu Sempit

Untuk orang yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir, atau bagian bahu yang sempir dan memiliki lingkar dada lebih sempit dibandingkan dengan lingkar pinggul, disarankan menggunakan pakaian model layers, agar tubuh dapat terlihat lebih seimbang. Jangan menggunakan pakaian atas yang ketat, sebab akan membuat tampilan badan terlihat tidak ideal dan bagian pinggul terlihat sangat gemuk.

  1. Postur Tubuh Ideal

Orang yang memiliki psotur tubuh ideal, tentu akan lebih mudah dalam memilih pakaian, sebab pakaian apa saja yang digunakannya akan terlihat cocok. Namun, meskipun memiliki tubuh ideal, kita harus tetap hati-hati dan teliti dalam memilih model pakaian. Pilihlah pakaian yang memfokuskan tampilan bahu, misalnya tanktop untuk wanita, atau singlet atau kaos buntung untuk pria. Bagi wanita, disarankan memakai baju yang tidak terlalu memiliki banyak detail di bagian pinggang. Pilihlah pakaian yang bagian pinggangnya berbentuk lurus.

  1. Model Tubuh Buah Apel

Model tubuh buah apel adalah orang yang memiliki bahu dan pinggul terlihat lebih sempit dibandingkan dengan bagian pinggangnya yang lebar. Bagian pinggang dan perut biasanya terlihat lebih menonjol, sementara bagian bahu dan pinggul nampak datar atau lurus. Bagi Anda yang memiliki postur tubuh yang demikian, disarankan untuk memakai sabuk, terutama bagi wanita. Pilihlah bawahan yang menonjolkan bagian kaki. Jangan menggunakan bawahan yang menutupi kaki, sebab tubuh akan kelihatan sangat gemuk.

  1. Model Tubuh Rata atau Kurus

Bagi Anda yang memiliki tubuh kurus atau tubuh yang cenderung rata, yaitu bagian bahu, pinggang, dan pinggulnya terlihat segaris lurus, dan bagian depan dan belakang tubuh terlihat ramping atau langsing, sebenarnya cukup mudah dalam memilih berbagai jenis pakaian. Namun, bagi orang yang memiliki tubuh rata, disarankan memilih model pakaian yang bahannya jatuh, tidak ada aksen yang menumpuk, dan tidak difasilitasi dengan hiasan yang berlebihan. Biarkan tubuh Anda tetap terlihat langsing dan ramping.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *