Memaknai Arti Model Pakaian Adat untuk Generasi Muda

Pakaian adat adalah pakaian tradisional yang mewakili untuk daerah tertentu. Bukan hanya di Indonesia saja tetapi setiap provinsi mempunyai pakaian adat sendiri dan bisa untuk digunakan dalam berbagai hal. Paling umum adalah pakaian adat akan dapat dijadikan sebagai baju yang digunakan dalam pernikahan. Selain itu tentunya baju adat atau pakaian daerah ini biasanya digunakan untuk acara penting seperti penyambutan tamu daerah, ketika ada acara di daerah, dan masih banyak lainnya fungsi dari pakaian adat ini. Akan tetapi karena sering digunakan untuk hal-hal formal tersebut maka pemaknaannya sendiri juga terkesan kaku sehingga model pakaian adat biasanya hanya dikenal dan digunakan oleh masyarakat dari golongan tua dan yang muda sering kali tidak mengerti mengenai pentingnya pakaian adat dari daerahnya sendiri.

Baca juga: Model Pakaian Adat Khas Betawi Pria Dan Wanita

Oleh karena itulah bagi generasi muda sekarang ini diperlukan penyuluhan dan juga sosialisasi agar mau lebih mau mencintai kebudayaannya sendiri. Tidak hanya terpaku budaya luar karena adanya globalisasi, tetapi lebih sadar dan cinta dengan kebudayaan daerah. Baik dari tarian, bentuk desain rumah, nyanyian tradisional, hingga pakaian adat yang harus dilestarikan dan diketahui oleh generasi muda.

Adapun ada beberapa alasan yang bisa digunakan mengapa model pakaian adat ini harus diperkenalkan oleh generasi muda. Beberapa alasan yang tepat misalnya adalah karena:

  • Generasi muda merupakan penerus yang bisa untuk meneruskan kebanggaan mengenai pakaian adat dari daerahnya sendiri.
  • Generasi muda sebagai penjaga yang dapat untuk melestarikan pakaian adat agar tidak hilang ditelan jaman.
  • Generasi muda mempunyai ide yang lebih segar untuk dapat memperkenalkan dan juga cara untuk melestarikan pakaian adat lebih kekinian.

Dengan beragam tujuan tersebut sebaiknya generasi turut dilibatkan untuk dapat melestarikan pakaian adat dari suatu daerah. Karena bagaimanapun juga penerus yang akan dipercaya untuk tetap melestarikan pakaian adat dan kebudayaan daerah yang lain adalah oleh generasi muda. Oleh karena itulah Anda harus melibatkan generasi muda dalam cara untuk pelestarian kebudayaan daerah terutama juga pakaian adat tersebut.

Hal tersebut karena generasi muda mempunyai banyak ide segar untuk dapat tetap mensosialisasikan model pakaian adat. Sehingga mereka akan tetap memakainya ketika menikah dengan menggunakan busana adat dan juga beragam adat tradisional yang bisa untuk dipilih. Adapun cara yang bisa untuk dilakukan ada banyak cara tetapi tetap dengan menggunakan pendekatan dari sisi anak muda. Misalnya dengan membuat pakaian adat mempunyai model yang lebih modis tetapi tanpa mengubah paten dari model pakaian tersebut. Hal tersebut tentu susah dan hanya bisa digunakan oleh beberapa model pakaian untuk adat tertentu saja. Selain itu ada banyak cara lainnya untuk dapat memperkenalkan generasi muda agar lebih mencintai pakaian adatnya sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *