Mau Baju Batik Awet? Berikan Dulu 4 Perawatan Ini!

Seringkali bagi pecinta baju batik dan tidak ingin kecewa dengan kualitasnya kemudian memilih batik bermerek dan harganya mahal. Memang benar bahwa semakin mahal harga batiknya maka semakin bagus kualitas yang dimiliki baju tersebut. Hanya saja untuk menemukan yang kualitasnya jempolan jauh lebih mudah tinggal mencari merek terkemuka. Namun bagaimana dengan perawatannya? Tentu sayang jika batik mahal yang dibeli malah mudah rusak lantaran tidak paham bagaimana merawatnya dengan baik. Kejadian ini tentu dialami oleh siapa saja.

Mau Baju Batik Awet? Berikan Dulu 4 Perawatan Ini!

Kiat Merawat Pakaian Batik

Kain batik memang diproses secara manual dengan bahan alam, sehingga perawatan yang salah dengan mudah merusak dan menurunkan kualitasnya. Perhatikan beberapa kiat berikut supaya bisa terawat dengan baik:

Mencucinya selain dengan detergen,

Mencuci baju dari kain batik memang sudah cukup memakai air saja tanpa dibubuhi detergen, namun kalau sanksi dengan kebersihannya. Maka bisa diganti dengan sabun mandi atau sampo yang formulanya tidak merusak warna motif batik. Kemudian untuk pe ncucian pertama kali usahakan direndam dulu dengan air hangat yang sudah dicampur garam, supaya tidak luntur parah dan kualitas warnanya awet.

Baca Juga : Jangan Minder Memakai Baju Batik Meski Memiliki Badan yang Berisi

Cuci dengan tangan,

Mencuci baju batik memang praktis sekali jika memakai mesin, namun tahukah Anda cara ini justru merusak kualitas batik dan jahitannya? Maka disarankan untuk kembali ke metode pencucian manual memakai tangan. Toh kalau dipakai beberapa jam saja tentu hanya bau keringat, tinggal rendam dengan air hangat lalu dijemur. Pencucian dengan tangan mencegah baju ini tertarik ke berbagai arah yang berpotensi membuatnya mudah robek, warna batiknya pun akan gampang pudar.

Jemur di tempat teduh,

Untuk penjemuran, paling baik adalah mengandalkan tempat yang teduh supaya baju ini kering oleh hembusan angin. Apabila tersentuh langsung oleh sinar matahari maka biasanya akan membuat warnanya pudar dan belang disana-sini. Anda tentu akan merasa malu memakai batik yang warnanya sudah tidak lagi rata apalagi jika nampak mencolok. Maka cegah batik mahal Anda menjadi seperti ini dengan selalu menjemurnya di tempat teduh. Misalnya di emperan rumah dengan memanfaatkan gantungan baju di salah satu sudut teras.

Setrika dengan suhu rendah atau sedang,

Kalau sudah terbiasa memakai baju hasil setrikaan maka dijamin nyaris semua baju wajib disetrika dulu baru percaya diri memakainya. Koleksi pakaian batik Anda sebenarnya aman saja disetrika apalagi bahan katun pada batik memang mudah kusut. Namun gunakan suhu yang rendah, kecuali untuk katun yang lebih tebal Anda bisa mengatur suhunya ke sedang. Apabila masih khawatir motif batiknya luntur terkena panasnya setrika, silahkan dilapisi dengan kain tipis. Baru kemudian simpan baju batik tersebut dengan cara digantung agar selalu rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *