Kesalahan dalam Memilih Baju Anak yang Kerap Dilakukan

Baju menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi terutama untuk anak berusia bawah lima tahun yang masih memiliki daya tahan yang belum sempurna. Ada banyak baju anak yang bisa dipilih di toko yang tidak hanya ada di toko offline namun juga di toko online. Akan tetapi, walaupun kerap berbelanja dengan anak agar bisa menentukan baju yang tepat untuk anak, kerap ditemukan kesalahan berikut dalam memiliki pakaian untuk anak.

Pertama adalah mengabaikan kenyamanan anak. Dalam memilihkan baju untuk anak, kenyamanan adalah hal yang utama sebab jika anak tidak nyaman, anak akan kerap merengek bahkan bisa menimbulkan masalah pada kulit anak misalnya merah-merah. Tidak jarang saat mengajak anak memilih, ketika anak ditanyai nyaman tidak, anak tetap akan mengangguk karena anak sudah suka dengan model baju tersebut. Solusinya adalah dengan memilih baju dari bahan kain yang menyerap keringat misalnya kain katun ataupun sutra, sesuaikan dengan musimnya dan hindari kain yang terbuat dari bahan sintetis.

Baca juga: Simak 4 Alasan Mengapa Harus Membawa Anak Anda Ketika Membeli Baju Anak

Kedua adalah membelikan baju yang terlalu pas di badan. Baju anak yang terlalu pas di badan tidak hanya akan membuat anak mengalami beberapa masalah pada kulit misalnya kulit kemerahan, iritasi, masalah pernafasan misalnya sesak nafas, namun juga bisa menyebabkan anak menjadi susah untuk bergerak. Baju yang terlalu pas di badan akan mudah untuk bergesekan dengan kulit anak dan hal tersebut bisa menyebabkan kulit bermasalah. Untuk menghindari hal tersebut, pilih baju yang ukurannya 1-2 nomor lebih besar dari ukuran anak sehingga bisa juga digunakan saat anak semakin bertambah besar.

Ketiga adalah terlalu banyak untuk membelikan baju polos untuk anak. Di usia anak seperti usia balita, anak akan semakin berkembang ketika menemukan beragam jenis hal yang baru yang ada di sekelilingnya mulai dari benda, warna ataupun yang lainnya. Akan tetapi, terlalu banyak membeli pakaian polos bisa membuat anak kurang bisa mengenal warna dan bentuk. Pilih baju yang memiliki motif seperti karakter yang disukai oleh anak, warna yang cerah dan ceria dan hindari yang terlalu banyak menggunakan hiasan seperti mote.

Kesalahan memilih baju anak yang lainnya yang masih kerap dilakukan adalah:

  • Membelinya tanpa menanyakan ke anak apakah mau untuk menggunakannya atau tidak atau sesuai dengan keinginannya atau tidak. Terdapat beberapa orang tua yang cenderung berfikir bahwa pilihan orang tua adalah yang selalu tepat dan jika hal tersebut berlangsung hingga anak dewasa bisa membuat perkembangan anak menjadi kurang maksimal.
  • Memilihkan baju dan mendandaninya layaknya orang dewasa. Kerap kali karena ingin mengikuti trend, orang tua membuat anaknya seperti boneka hidup dan memilihkan baju yang sesuai dengan trend walaupun baju tersebut kurang layak untuk digunakan oleh anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *