Jenis-jenis Rok Muslimah Bercorak Batik

Jenis-jenis Rok Muslimah Bercorak Batik

Variasi pakaian dengan bahan dasar kain batik akhir-akhir ini semakin berkembang. Kain batik yang semula dianggap sebagai kain yang hanya cocok digunakan untuk acara-acara resmi dan identik digunakan oleh orang dewasa dan orang tua kini mulai dimanfaatkan sebagai bahan dasar pakaian yang diperuntukkan untuk anak-anak muda. Bahkan, beberapa produk pakaian dengan bahan kain batik kini menjadi tren, mulai dari jaket batik, batik dengan motif logo klub sepak bola, celana batik trendy, hingga rok muslimah bercorak batik. Modernisasi pemanfaatan batik dalam industri fashion telah berhasil mengangkat batik menjadi lebih digemari dan tidak lagi dianggap sebagai kain yang ketinggalan zaman.

Pemanfaatan kain batik sebagai rok muslimah, misalnya, kini semakin berkembang dengan banyaknya varian jenis-jenis rok yang tidak kalah gaul dan tidak kalah trendi dengan rok dengan bahan dasar lainnya. Kini mulai bermunculan rok panjang yang diperuntukkan bagi muslimah dengan jenis yang cocok digunakan oleh muslimah-muslimah berusia muda. Berikut ini adalah jenis-jenis dan model rok yang diperuntukkan bagi muslimah dengan bahan dasar kain batik atau kain bercorak batik.

Jenis rok batik yang sudah umum digunakan oleh perempuan muslimah adalah rok batik kerut, yaitu rok yang panjangnya sampai mata kaki dan didesain dengan kerutan-kerutan dari pinggang hingga pinggul. Rok batik kerut sebenarnya merupakan variasi pertama dari jarik yang umum digunakan oleh wanita pada zaman dahulu. Pemanfaatan jarik atau batik sebagai rok bertujuan agar jarik dapat digunakan dengan lebih simpel.

Jenis rok dengan bahan batik yang lebih modern adalah rok batik semi flared skirt, yaitu rok yang bagian bawahnya melebar dengan bagian perut yang ketat sehingga sekilas seperti huruf A. Rok jenis ini juga sering disebut sebagai rok A-line. Biasanya, rok batik dengan model ini diberi hiasan berupa kancing-kancing di bagian depan yang disusun vertikal yang berpangkal dari kancing di bagian perut dan berujung hingga ke bagian lutut dengan jarak antar kancing sekitar lima ruas jari orang dewasa. Warna kancing cenderung senada dengan warna kain batiknya.

Baca Juga: Bahan Rok Wanita yang Nyaman

Rok batik akordion, yaitu rok batik yang berbentuk lipatan-lipatan bertumpuk-tumpuk selebar dua ruas jari sehingga sekilas mirip lipatan alat musik akordion. Kain batik yang cenderung mudah dibentuk dan lembut membuat kain batik sangat mudah dibentuk dengan pola bertingkat vertikal. Untuk membentuk pola akordion ini, biasanya dilakukan dengan cara dijahit halus atau dengan disetrika dengan bahan kimia. Di beberapa pasar lokal, rok ini lebih dikenal dengan sebutan rok batik bertingkat.

Selain jenis-jenis rok batik di atas, masih banyak varian-varian lain dari rok muslimah berbahan batik yang tidak kalah trendinya, seperti rok batik pias dan rok batik lipat yang panjangnya sampai mata kaki sehingga pantas digunakan oleh muslimah. Dengan memakai rok panjang berbahan batik, para muslimah tidak akan meninggalkan identitas kemuslimahannya, dan bahkan akan turut andil dalam memperkenalkan kain hasil karya bangsa Indonesia sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *