Jangan sampai Salah! Perhatikan Jenis Kulit Wajah Wanita Ini Agar Perawatanmu Tepat!

Sudah mencoba berbagai facial wash untuk kulit kering, namun belum ampuh mengatasi wajah kering? Jangan dulu sedih, cek segera jenis kulit wajahmu agar tahu perawatan yang tepat untuk jenis kulitmu. Mungkin kulitmu termasuk jenis kulit lain sehingga facial wash kulit kering tidak bekerja optimal.

Sebenarnya menurut para ahli, jenis kulit itu dapat berubah alias dinamis. Bisa jadi seseorang dahulu memiliki kulit wajah berminyak, namun dengan perawatan yang tepat menjadi kulit normal. Jenis kulit wanita terbagi menjadi beberapa jenis, tergantung pada seberapa tinggi hidrasi di kulitnya, usia, genetik, tingkat minyak dalam kulit, dan tingkat sensitivitas kulit.

Sangat penting bagi kita untuk mengenal jenis kulit agar perawatan kulit yang dilakukan tepat dan menghasilkan kulit yang diidamkan.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis kulit wajah wanita serta cara perawatannya. Yuk disimak!

1. Jenis kulit wajah normal

Kulit normal adalah jenis kulit idaman semua wanita. Jenis kulit ini memiliki memiliki tingkat hidrasi dan sebum yang seimbang. Selain itu, kulit normal mampu memperbarui diri sendiri. Oleh karena itu, kulit normal akan terlihat sehat, cerah, halus, dan kenyal. Hal ini juga dipengaruhi oleh tingkat hidrasi dalam kulit, di mana tingkat hidrasi kulit normal cukup baik sehingga kelenturan wajah terjaga. Bersyukurlah jika kamu memiliki jenis kulit normal karena kamu bisa lebih nyaman menggunakan berbagai produk perawatan dan kosmetik.

Namun dengan jenis kulit wajah yang sudah normal dan sehat ini bukan berarti kita mengurangi perawatan untuk kulit. Kulit normal harus tetap dijaga dengan cara rajin membersihkan kulit minimal sehari dua kali, selalu menggunakan pelembab, rajin minum air putih agar hidrasi kulit terjaga, dan menghindari terpapar sinar matahari terlalu lama.

Untuk kulit normal, rekomendasi produk facial wash yang disarankan yaitu Olay Deep Cleansing Foaming Face Wash, Cetaphil Daily Facial Cleanser, dan Wardah Face Wash.

 

2. Jenis kulit wajah kering

Kulitmu sering pecah-pecah dan kasar? Mungkin itu tandanya kulitmu termasuk jenis kulit kering. Kulit kering memang cukup mudah dikenali karena biasanya kasar, tipis, sensitif, mudah terkelupas, dan mudah berkeriput. Hal yang cukup penting bagi kulit kering yaitu menjaga hidrasi kulit.

Caranya tentunya dengan banyak meminum air putih dan mengonsumsi sayur serta buah. Hindari juga mandi terlalu sering dan terlalu lama, menggunakan sabun yang menyebabkan kulit kering, dan berendam terlalu lama. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, jangan lupakan pelembab dan tabir surya ya!

Untuk produk perawatan yang tepat, pastinya harus yang non-agresif atau lembut dan mampu menghidrasi kembali. Beberapa sabun muka untuk kulit kering yang direkomendasikan diantaranya Hada Labo Gokujyun Facial Wash, Wardah Essential Facial Wash, dan The Body Shop Vitamin E Gentle Face Wash. Untuk informasi lebih lengkap tentang facial wash kulit kering, kamu bisa baca di sini.

 

3. Jenis kulit wajah berminyak

Untuk mengetahui kulitmu termasuk berminyak atau tidak sebenarnya mudah. Kamu bisa menggunakan kertas wajah dan tempelkan pada wajah. Jika banyak minyak yang menempel pada kertas wajah berarti wajahmu termasuk jenis kulit berminyak. Memiliki wajah berminyak memerlukan perhatian khusus karena kulit berminyak cenderung mudah berjerawat dan berkomedo.

Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci muka sehari dua kali dan pada saat tubuh banyak berkeringat seperti sehabis olahraga serta menggunakan pembersih muka yang lembut dan “non comedogenic”. Rekomendasi pencuci wajah yang bagus untuk jenis kulit berminyak yaitu Garnier SkinActive Micellar Foaming Cleanser, Cetaphil Dermacontrol Foam Wash, The Body Shpo Foaming Aloe Vera Facial Wash, dan The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Foam.

 

4. Jenis kulit wajah kombinasi

Di antara jenis kulit wajah wanita lainnya, jenis kulit kombinasi mungkin paling unik karena memiliki karakteristik kulit berminyak, namun juga kering. Biasanya kulit kombinasi akan berminyak dan berpori-pori di area T (daerah dahi, hidung, dagu), tapi cenderung kering atau normal di area kulit lainnya. Karena memiliki karakteristik kulit berminyak dan kering sekaligus, kamu harus berhati-hati dengan potensi gangguan kulit yang muncul pada kedua jenis kulit tersebut seperti jerawat, komedo, kulit pecah-pecah dan kusam, serta kulit kasar.

Untuk jenis kulit kombinasi, rekomendasi produk pencuci wajah yang aman yaitu Himalaya Herbals Purifyng Neem Face Wash, Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser, dan Jafra Advance Dynamics Balancing Cleanser.

 

5. Jenis kulit wajah sensitif

Kamu sering alergi dengan bahan kosmetik atau produk kecantikan tertentu? Timbul kemerahan, jerawat, atau mengelupas setelah penggunaan suatu produk? Ini berarti jenis kulitmu adalah kulit sensitif. Jenis kulit wajah wanita yang satu ini sangat membutuhkan perhatian khusus karena kulitnya akan mudah alergi dan bisa menunjukkan reaksi hipersensitif bila menggunakan produk perawatan tertentu. Langkah perawatan awal bagi kulit sensitif yaitu menggunakan tabir surya saat berkegiatan, menghindari sinar matahari langsung dengan memakai topi atau payung, rajin membersihkan wajah, menggunakan produk perawatan yang tidak mengandung bahan yang memancing alergi, dan selalu menggunakan pelembab.

Akan lebih baik jika kamu berkonsultasi ke dokter agar dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kulit bereaksi alergi sehingga kamu dapat menghindari faktor-faktor tersebut. Untuk pencuci wajah, sebaiknya pilih produk pembersih dengan formula dan fitur yang lembut dan aman di kulit sensitif.

Rekomendasi produk yang cocok untuk kulit sensitif misalnya The Body Shop Aloe Calming Foaming Facial Wash, COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser, dan NUXE Micellar Foaming Cleanser with Rose Petals.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *