Jangan panik, ini Tips Mengatasi Bibir Kering dan Kehitaman

Memiliki bibir kering dan pecah pecah tentu saja bisa dialami oleh siapa saja. Selain rasa tidak nyaman, cuaca yang panas kerap menjadi sebuah alasan utama yang dapat mengganggu atau bahkan menyebabkan daya tahan tubuh menurun drastis. Cara mengatasi bibir kering bukan berarti gampang dan bukan berarti juga susah. Bila terlalu dianggap remeh tentunya dapat berakibat buruk bagi penampilan dan rasa percaya diri yang semakin menurun hingga aktitas atau metabolisme yang kurang teratur.

Bibir kering memanglah harus segera untuk ditangani secepatnya. Selain bisa mengganggu kenyamanan dan penampilan, bibir kering yang terlanjur pecah pecah kerap kali menimbulkan rasa sakit dan perih. Bila semakin lama diabaikan, tentunya akan menjadi sebuah luka. Beberapa cara dapat dilakukan dengan mudah dan terbukti efektif untuk mengatasi bibir yang kering. Berikut tips untuk mengatasi bibir kering dan hitam maupun hal hal yang dilakukan untuk menghindari bibir kering dan hitam yang Anda miliki.

  • Hindari menggigit gigit bibir atau mengelupas kulitnya.

Tanpa kita sadari, terkadang kita sering melakukan kegiatan untuk menggigit gigit bibir atau bahkan mengelupas kulit kulitnya yang kering. Bila Anda memiliki kebiasaan ini, saat ini mulailah untuk menghindarinya. Karena bisa saja keadaan tersebut menyebabkan luka pada bibir Anda.

  • Gunakan Mentimun

Meski tidak terlalu mahal, perawatan bibir kering dengan menggunakan mentimun sudah banyak dilakukan. Bila selama ini mentimun dapat juga digunakan sebagai bahan untuk memberikan relaksasi pada mata saat dilakukan treatment pada wajah. Potongan mentimun juga dapat digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah pecah.

  • Banyak Minum Air Putih

Cara untuk mengatasi bibir kering dan juga bibir hitam lainnya adalah dengan banyak meminum air putih. Mungkin saja kondisi cuaca yang panas akan mempengaruhi panas pada tubuh juga hingga dapat kekurangan cairan. Kekurangan cairan dalam tubuh tentunya akan menyebabkan bibir akan mengering. Bila sudah seperti itu, dengan konsumsi air putih yang banyak akan mengembalikan kelembaban bibir Anda.

  • Hindari Pemakaian Lipstik Matte

Memang salah satu keunggulan pada lipstik matte adalah karena warnanya yang tahan lama dan lebih lama menempel. Namun, pada saat yang bersamaan justru lipstik matte dengan sifatnya yang kaku malah mudah membuat bibir hitam dan juga mengering. Bila Anda sering menggunakan lipstik jenis matte, jangan melupakan untuk mengoleskan lip balm maupun segera membersihkan sisa sisa kotoran yang menempel saat selesai penggunaannya agar menghindari bibir yang pecah pecah bahkan menghitam.

  • Gunakan Madu

Madu merupakan hasil alami yang didapatkan dari lebah. Sudah lama pula kita mengetahui tentang khasiat dan kegunaan pada madu yang beragam untuk kesehatan. Termasuk di antaranya untuk mengembalikan kondisi bibir yang pecah pecah dan juga menghitam untuk dapat kembali terlihat seperti sedia kala. Caranya pun cukup mudah. Oleskan madu asli pada bibir Anda yang kering atau menghitam. Diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air. Anda juga dapat mengonsumsi air madu secara teratur untuk memulihkan stamina bagi tubuh. Jadi ibaratnya, rawatlah kecantikan dari luar maupun dalam.

  • Scrub Bibir dengan Lemon dan Gula

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah dengan rutin melakukan scrub bibir. Bahan yang digunakan pun tidak terlalu sulit untuk kita temui di pasaran. Anda hanya perlu untuk menyiapkan air perasan lemon dan gula pasir. Campur keduanya hingga rata, lalu lakukan scrub pada bibir Anda untuk mengangkat sel sel kulit mati pada bibir penyebab bibir kering maupun bibir menjadi kehitaman.

 

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *