Jangan Asal Merawat Baju Batik Tulis Anda Jika Ingin Tetap Awet

Pakaian tradisional khas Indonesia yaitu batik belakangan ini popularitasnya memang sudah mendunia, berkat banyaknya desainer-desainer muda dari dalam negeri yang membawanya ikut serta untuk mengadakan pameran di luar negeri. Jika berbicara mengenai motif maka baju batik ini memang yang paling rumit, tidak hanya itu bahkan jika dilihat dari segi maknanya, di setiap gambar maka memiliki makna atau arti yang berbeda-beda yang membedakannya dengan yang lain. Itulah mengapa masih banyak diantaranya yang senang menggunakan model pakaian tradisional tersebut.

Jangan Asal Merawat Baju Batik Tulis Anda Jika Ingin Tetap Awet

Jangan salah karena semakin kesini model yang ditawarkan kian bervariasi. Tak hanya jenis-jenis jadul saja, melainkan juga dengan sentuhan yang lebih modern, sehingga cocok untuk dipakai pada acara-acara penting tertentu, segmen yang dituju bukan hanya dari kalangan orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak muda agar lebih mencintai pakaian tradisional negaranya tersebut. Berbicara mengenai jenis batiknya sendiri maka ada 2 yang populer yaitu batik cap atau cetak dan juga batik tulis.

 

Jika ingin yang kualitasnya terbaik maka baju batik dari kain batik tulis ini lebih dianjurkan, meskipun dari segi harganya juga agak lebih mahal, namun sesuai dengan makna setiap goresannya. Begitu juga untuk menjaganya tetap awet, maka tak sembarangan perawatan bisa dilakukan, berikut ini beberapa langkah yang harus Anda ketahui, yaitu:

Baca Juga : Model Baju Batik Wanita untuk Acara Kondangan

  1. Hindari untuk mencuci menggunakan detergen, detergen bukan senyawa yang tepat untuk mencuci batik tulis, karena bisa membuat zat tulis di permukaannya akan ikut luntur, jadi pada proses pencucian tidak dianjurkan untuk memakai detergen yang banyak dijual ke pasaran, ada jenis khusus yang biasanya bisa dibeli di toko yang menjual batik tersebut untuk mencucinya yang dikenal dengan nama lerak.
  2. Jangan ditambah dengan pewangi, Anda yang ingin membuatnya tetap harus tahan lama, maka pewangi bukan sahabat terbaik, hindari untuk mencegah kainnya rusak, langsung dijemur saja di terik matahari, jika ingin membuatnya wangi simpan dalam lemari pakaian yang sudah dilengkapi dengan akar wangi, bukan kamper.
  3. Jangan mengucek terlalu keras ketika tengah mencucinya, ini hanya akan memudarkan warna alami dari zat malam, kucek seperlunya saja atau sebatas direndam jika memang tidak ada noda. Ketika akan menjemur hendaknya juga jangan diperas terlalu keras. Jemur di bawah sinar matahari secara tidak langsung untuk mencegahnya dari terpaan panas langsung.
  4. Jika ingin menyetrikanya, maka jangan disetrika secara langsung, lebih dianjurkan memakai setrika uap, atau jika Anda hanya memiliki setrika biasa, maka sebelumnya lapisi terlebih dahulu dengan sebuah kain tipis di permukaannya, jangan gosok langsung.

 

Memang gampang-gampang susah merawat baju batik tulis ini, namun sesuai dengan hasilnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *