Jangan Asal Beli Kosmetik, Pengetahun Produk dan Keamanannya adalah Hal Utama!

Skin care saat ini sedang menjadi gaya hidup banyak perempuan Indonesia. Untuk mendukung penampilan dan kecantikan, banyak perempuan yang kini mengalokasikan pendapatannya untuk membeli berbagai produk skin care dan kosmetik. Namun ada satu hal yang harus menjadi perhatian bersama, demi keamanan kesehatan wajah, Anda wajib membeli kosmetik yang terdaftar di BPOM Indonesia. Jika tidak? Tidak bisa dijamin keamanannya.

Menyeramkan bukan? Alih-alih mendapatkan wajah yang cantik dan glowing, Anda malah mendapatkan masalah karena memilih kosmetik yang murah dan tidak terdaftar di BPOM.

Pengetahuan produk yang ingin digunakan kini menjadi hal utama yang harus dikedepankan para wanita sebelum membeli skin care atau kosmetik yang ingin digunakannya. Jangan hanya karena Anda tergiur iklan kosmetik di Instagram dengan berbagai testimoni dan harganya yang murah, Anda lupa untuk mengecek apakah produk tersebut sudah lulus uji BPOM. Sebenarnya cara mengecek apakah produk tersebut sudah terdaftar BPOM sangat mudah loh. Anda bisa cari tahu lebih lanjut di sini.

Di tengah gelombang tren perawatan wajah yang kian menjamur, kita akan menemukan berbagai krim atau kosmetik wajah yang baru pernah mendengar namanya. Anda pun biasanya penasaran dan mengeceknya di Instagram. Ternyata produk itu juga telah diulas oleh artis. Namun jangan buru-buru membelinya loh kalau ternyata produk tersebut tidak terdaftar di BPOM.

Berbagai skin care dan kosmetik yang terdaftar di BPOM bisa dikatakan sebagai produk yang legal. Artinya produk tersebut terlindungi secara hukum karena memiliki izin edar produk dan tidak mengandung berbagai kandungan yang berbahaya bagi wajah Anda.

Hingga saat ini, produsen kosmetik lokal yang ada di Indonesia, hampir 80%-nya adalah IKM. Mereka semua berusaha untuk memenuhi standar dan prosedur pendaftaran produk agar merek skin care dan kosmetik yang dibuatnya bisa beredar dengan luas di pasaran.

Meski begitu, banyak juga penjual nakal yang tetap menjajakan produknya tanpa izin edar BPOM. Hal ini tentu berbahaya bagi kita selaku konsumen. Mengapa? Itu berarti produk tersebut belum melalui tahapan pengecekan apakah layak dan aman digunakan.

Penting bagi kita untuk memastikan beragam kosmetik dan rangkaian skin care yang kita gunakan telah memenuhi standar layak dan aman dari BPOM. Hal termudah adalah dengan mengeceknya di website resmi BPOM. Biasanya, produk yang telah mendapatkan izin edar telah memenuhi syarat dan prosedur yang ditetapkan BPOM, termasuk bebas dari berbagai kandungan berbahaya yang dapat membahayakan wajah konsumen dan bebas dari bahan pemicu kanker.

Selain itu, beragam skin care dan kosmetik yang sudah mendapat izin BPOM biasanya akan memiliki harga yang cenderung stabil. Tentu saja ini salah satu upaya untuk melindungi konsumen.

Produsen yang mendaftarkan produknya ke BPOM adalah produsen yang bertanggung jawab atas produknya dan menjamin keamanan konsumennya dalam menggunakan produknya.

Bagi konsumen, jangan sekadar asal membeli karena tergiur harga murah, tetapi tidak terjamin keamanan dan kelayakannya. Jika Anda mulai ragu terhadap suatu produk, entah karena baru mendengar namanya, produk tersebut dijual dengan harga murah, dan tidak mencantumkan kandungan yang terdapat dalam produk tersebut, ada baiknya Anda segera mengeceknya di website resmi BPOM yah!

Yuk jadi pembeli cerdas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *