Inspirasi Fashion Dari Sosok Desainer Marc Jacobs (Direktur Busana Louis Vuitton)

Inspirasi Fashion Dari Sosok Desainer Marc Jacobs (Direktur Busana Louis Vuitton)

Marc Jacobs lahir pada 9 April 1963 di New York Amerika. Ia adalah perancang busana Amerika paling terkenal saat ini. Dia adalah kepala dan pemilik desainer untuk label namanya sendiri, Marc Jacobs, serta Marc by Marc Jacobs. Ia memiliki dari 200 toko ritel di 80 negara.  Dia adalah direktur kreatif rumah desain terkenal asal Perancis Louis Vuitton dari tahun 1997 sampai tahun  2014. Jacobs dianugarahi oleh majalah Time pada tahun 2010 sebagai”  100 daftar orang paling berpengaruh di dunia” Gaya fashion buatan Marc Jacobs mempunyai pengaruh dan inspirasi fashion yang cukup banyak mempengaruhi perkembangan fashion dunia.

Pada tahun 1986, didukung oleh Onward Kashiyama USA, Inc. Sang desainer  Marc Jacobs merancang koleksi pertamanya menyandang label Marc Jacobs. Pada tahun 1987, Jacobs adalah desainer termuda yang meyulut  inspirasi fashion kala itu, yang pernah diberikan dalam penghargaan tertinggi industri fashion, Dewan Fashion Designers of America Perry Ellis Award untuk ” New Fashion Talent“. Pada tahun 1988, Jacobs bergabung ke rumah mode Perry Ellis sebagai direktur kreatif. Selain itu, Jacobs mengawasi desain lisensi pada pakaian perempuan. Pada tahun 1992, Dewan Fashion Designers of America memberikan Jacobs anugrah “The Women’s Designer of the Year Award”. Pada tahun yang sama, ia merancang “grunge” koleksi untuk Perry Ellis, yang mengarah ke pemecatannya.

Pada musim gugur tahun 1993, Jacobs Duffy Designs Inc. meluncurkan sendiri perizinan dan desain perusahaan mereka: Marc Jacobs Company International, L.P. Pada tahun 1994, Jacobs memproduksi koleksi pertamanya untuk fashion busana pria. Pada tahun 1997, Jacobs diangkat sebagai direktur kreatif Louis Vuitton. Jacobs telah berkolaborasi dengan banyak artis populer untuk koleksi Louis Vuitton-nya, termasuk Stephen Sprouse, Takashi Murakami dan rapper Kanye West.  Saat itu, nama Marc Jacob kian menjadi inspirasi fashion bagi para penggemarnya.  

Untuk pertama kalinya Marc Jacobs memutuskan untuk mengandalkan media sosial untuk memperkenalkan model terbaru dari merek Marc by Marc Jacobs untuk kampanye karya-karyanya pada Autumn / Winter 2014 dan berhasil. Lalu ia melakukannya lagi untuk pada Spring / Summer 2015 dengan fotografer David Sims, dengan model termasuk Aaron Whitty, Abigail Lipp, Amy Woodman, Ana Viktoria, Dylan Stevens, Eb Eunbi, Lindsay Lurgin, MacKenzie Cockerill, Nadia Kishlan dan Toks Adewetan.

Beberapa penghargaan pun pernah diraih Marc Jacobs, sebagai desainer dan perancang busana, seperti:

   Womenswear Designer of the Year, 2016

   Lifetime Achievement Award, 2011

   Womenswear Designer of the Year, 2010

   Accessory Designer of the Year, 2005

   Accessory Designer of the Year, 2003

   Menswear Designer of the Year, 2002

   Accessory Designer of the Year, 1999

   Accessory Designer of the Year, 1998

   Womenswear Designer of the Year, 1997

   Womenswear Designer of the Year, 1992

   Womenswear Designer of the Year, 1991

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *