Inilah Fakta Perkembangan Fashion Hijab di Indonesia Sejak Kemerdekaan Hingga Sekarang

Sekarang ini tidak sulit rasanya menemukan orang yang berhijab setiap hari dalam segala bentuk aktivitas. Untuk perkembangan fashion hijab sendiri bisa dikatakan cukup pesat, banyak sekali perubahan, kemunculan model baru yang membuat para wanita semakin menarik. Bahkan mengenakan hijab bukan hanya untuk menutup aurat saja tetapi juga sudah menjurus pada dunia fashion. Tidak heran jika sampai saat ini model ataupun bentuk fashion hijab terkesan lebih stylish dan kekinian.

Inilah Fakta Perkembangan Fashion Hijab di Indonesia Sejak Kemerdekaan Hingga Sekarang

Berbicara mengenai hijab rupanya sudah ada dan dimulai sejak jaman dahulu sekitar abad 20an. Hal itu bisa Anda lihat sendiri dari gambar pahlawan Indonesia pada jaman dahulu yang wanita-wanitanya sudah mengenakan hijab. Meskipun memang tidak semenarik sekarang, dahulu mungkin hanya sebatas selendang atau kain yang digunakan untuk menutup bagian kepala. Nah, berikut ini ada beberapa fakta mengenai perkembangan model hijab dari jaman dahulu sampai sekarang yaitu:

  • Awal Indonesia merdeka.

Untuk pertama kalinya ini memang penggunaan hijab masih sangat simpel dan terkesan sederhana sekali. Mereka hanya menggunakan penutup kepala yang disampirkan atau diikat di kepala. Untuk motifnya sendiri juga belum sebanyak yang sekarang, Anda bisa melihat ibu fatmawati yang mengenakan selendang berenda di kepalanya.

  • Tahun 80an.

Selanjutnya pada tahun 70 atau 80an yang sempat terjadi larangan untuk para wanita Indonesia mengenakan hijab. Ya, pemerintahan pada saat itu yang masih melarang penggunaan hijab karena sudah mengeluarkan seragam khusus. Tetapi seiring waktu peraturan tersebut tidak membuat para perempuan muslim berhenti berhijab.

Baca juga: Cara Mengatasi Perkembangan Fashion di Indonesia

  • Tahun 90an.

Berlanjut ke tahun 90an yang sudah terlihat sekali bahwa perkembangan fashion hijab pada wanita Indonesia. Meskipun masih terlihat simpel tetap lebih bervariasi dari pada beberapa tahun sebelumnya. Menggunakan peniti dibawah dagu dan ciput sebagai dalaman, sampai sekarang justru masih cukup eksis.

  • Era 2000an.

Nah, pada awal inilah muncul penggunaan hijab yang lebih berbeda lagi yaitu dengan cara diikat dibagian leher. Penggunaan yang satu ini terkesan lebih praktis dan juga lebih mudah untuk ditiru oleh siapa saja.

  • Tren masa kini.

Jika berbicara hijab yang ada masa kini pasti sangat bervariasi sekali, untuk model hijab beberapa tahun yang lalu masih tetap bertahan tetapi ada penambahan model yang lebih kekinian.

Itulah beberapa fakta mengenai perkembangan model hijab dari masa ke masa yang tentu membuat para perempuan semakin tampil menarik. Beberapa tahun belakangan ini memang perkembangan fashion hijab lebih terlihat sangat cepat. Ditambah lagi para desainer Indonesia yang bergelut dalam dunia fashion hijab lebih aktif mengeluarkan tren terbaru. Sebagai perempuan masa kini tentu tidak perlu untuk bingung-bingung lagi menentukan seperti apa penampilan yang cocok karena ada banyak sekali pilihan model dan variasi hijab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *