Inilah 4 Baju Adat Paling Unik di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia memiliki banyak suku bangsa yang masing-masing mempunyai tradisi serta budaya tersendiri. Berbicara mengenai budaya tentu tak bisa terlepas dari baju adat yang dimiliki oleh masing-masing suku atau daerah tersebut. Kebanyakan pakaian adat tersebut dipakai saat acara pernikahan atau pada upacara-upacara tertentu. Biasanya setiap pakaian adat juga memiliki keunikan dan menjadi ciri khas tersendiri dibanding daerah lainnya.

Inilah 4 Baju Adat Paling Unik di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Tak jarang pakaian adat tersebut dibuat dari bahan-bahan yang mewah karena dipakai oleh para raja-raja. Diantara puluhan baju adat yang berasal dari berbagai suku di Indonesia, ternyata terdapat 4 baju yang dianggap paling unik dan menarik perhatian. Nah, bagi anda yang penasaran berikut ini akan dijelaskan 4 pakaian adat yang paling unik di Indonesia yang perlu anda ketahui.

  1. Ulee Balang dari Nangroe Aceh Darussalam
    Baju adat yang satu ini sebetulnya hanya diperkenankan dipakai untuk kalangan pemuka agama, kalangan raja beserta keluarganya. Tak dapat dipungkiri, pakaian adat yang satu ini memang sering membuat siapa saja kagum ketika menyaksikannya. Sebab desain pakaian adat ini sangatlah mewah dengan hiasan sulaman emas pada tutup kepalanya, Selain itu terkadang ditambahkan pula aksesoris emas saat memakai pakaian adat ini. Sedangkan jika dipakai untuk kalangan pemuka agama, Ulee Balang ini dibuat lebih sederhana tanpa balutan emas.
  2. Aesan Gede dari Sumatra Selatan
    Baju adat yang satu ini dibuat sangat megah karena terinspirasi dari masa kejayaan zaman Sriwijaya serta Kesultanan Palembang Darussalam. Pakaian adat Aesan Gede dibuat dengan dimonasi warna merah serta hiasan benang emas. Kain pakaian adat ini merupakan kain songket dengan warna gemerlap dan keemasan. Untuk melengkapi pakaian adat juga ditambahkan pula aksesoris dari measa seperti gelang kano, gelang gepeng, gelang sempuru dan kalung takap jajo. Selain itu untuk pengantin wanita biasanya menggunakan mahkota aesan gede, tusuk teratai, kelapo setandan dan bungo tusuk cempako.
  3. Paes Ageng dari Yogyakarta
    Baju adat Paes Ageng terinspirasi dari busana tradisi keraton Yogyakarta yang dahulu hanya dipakai oleh kerabat keraton saja sebagai simbol kebesaran. Namun semenjak masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono IX, pakaian adat tersebut diperbolehkan untuk dipakai di luar keraton dan menjadi salah satu baju pengantin khas Jawa yang populer. Keunikan yang dimiliki oleh pakaian adat Paes Ageng adalah adanya motif pakaian yang memiliki makna tersendiri begitu juga dengan akserorisnya.
  4. Perang dari Kalimantan Barat
    Pakaian adat ini dibuat dari bahan kulit kayu yang diolah hingga menjadi kain. Sedangkan bahan utama pembuatan kain tersebut adalah kayu kapuo yang dipukul-pukul terlebih dahulu di dalam air. Uniknya kemampuan mengolah kayu ini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang lalu serta kulit pohon tersebut di tenun menjadi kain lalu diwarnai menggunakan getah pohon tertentu.

Baca juga Beberapa Perbedaan dari Baju Adat Yogyakarta dan Surakarta yang Perlu Anda Ketahui

Itulah beberapa penjelasan mengenai 4 baju adat yang paling unik di Indonesia yang perlu anda ketahui. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa menambah wawasan seputar kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia yang memang pantas dibanggakan dan terus dilestarikan terutama dalam hal pakaian adatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *