Ini Dia Beragam Jenis Baju Tidur yang Ada di Pasaran yang Bisa Dipilih

Tidur menjadi salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang karena dengan tidur tidak hanya bisa membantu untuk menyegarkan pikiran dan tubuh namun juga untuk membantu proses penyembuhan atau perbaikan sel. Saat tidur disarankan agar menggunakan pakaian yang nyaman seperti baju tidur agar tubuh bisa bernafas lebih leluasa. Ada beberapa jenis pakaian tidur yang ada di pasaran yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan Anda.

Pertama adalah kamisol. Pakaian tidur ini berbentuk seperti tunik yang dikenakan untuk dalaman atau bagian luar baju di Eropa misalnya di kerajaan Inggris. Pada abad pertengahan, pakaian ini menjadi dasar dari pakaian dalam. Kamisol mampu untuk melindungi pakaian dari keringat dan bisa menyerap keringat sehingga saat tidur, para wanita dan pria menanggalkan pakaiannya dan menggunakan kamisol untuk pakaian tidurnya. Seiring berkembangnya jaman, kamisol saat ini memiliki design yang lebih beragam serta hanya digunakan oleh wanita. Pakaian ini termasuk sebagai salah satu pakaian yang seksi dan sering digunakan oleh wanita yang sudah menikah.

Baca juga: Gaya Modis Untuk Sehari-Hari

Kedua adalah negligee. Baju tidur ini lebih dikenal sebagai daster. Pakaian ini pertama kali diperkenalkan tahun 19700an dan dahulunya pakaian ini sangat berat dan cukup panjang layaknya gaun malam. Di tahun 1920an, daster memiliki perubahan design dengan ukuran yang pendek dan terbuat dari satin sehingga dipergunakan menjadi gaun malam. Setelah PD II, negligee bertransformasi menjadi salah satu pakaian dalam yang cukup seksi. Di Indonesia sendiri, degligee memiliki ukuran yang panjang hingga batas lutut dan umumnya terbuat dari bahan katun yang mudah menyerap keringat.

Ketiga adalah piyama. Pakaian tidur identik dengan nama piyama, padahal piyama adalah salah satu jenis pakaian tidur. Pakaian yang popular di abad ke-17 di Asia Barat dan Selatan ini merupakan 1 setel atau 1 set pakaian tidur umumnya merupakan pakaian tidur lengan panjang dan celana panjang. Di abad ke-18, misionaris Inggris mempergunakan pakaian tersebut sebagai pakaian tidur untuk anak laki-lakinya dan kemudian di pertengahan tahun 1980an, tidak hanya pria yang menggunakan pakaian ini, namun juga wanita.

Jenis baju tidur yang lainnya yang ada di pasaran dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan yaitu:

  • Baby doll. Busana tidur ini popular di tahun 1956 ketika ada feel dengan judul Babydoll. Pakaian ini kemudian berkembang dari tahun ke tahun dan memiliki design serta jenis kain yang beragam.
  • Lingerie. Pakaian tidur ini sebenarnya adalah pakaian dalam yang memiliki design yang seksi yang memiliki tujuan untuk bisa menarik lawan jenis, namun tidak jarang dijadikan busana tidur dengan tambahan jubah tidur. Karena hal tersebut baju ini identik dengan pakaian seksi bagi pasangan yang ingin bercinta.

Jadi, mana pakaian tidur pilihan Anda?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *