Ini Dia Baju Adat Indonesia yang Populer di Luar Negeri

Baju adat di Indonesia memang menjadi salah satu kekayaan negeri yang tiada tara. Kemajemukan bangsa ini merupakan kekayaan yang tidak dimiliki oleh negara manapun sehingga harus dijaga kelestariannya. Pakaian menjadi salah satu ciri khas suatu daerah sebagai salah satu bagian dari negara Indonesia. Diantara banyaknya pakaian adat di Indonesia, terdapat beberapa pakaian adat yang dikenal dan populer di luar negeri.

Ini Dia Baju Adat Indonesia yang Populer di Luar Negeri

Kepopuleran pakaian adat tersebut tidak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga pertukaran informasi semakin mudah. Berikut adalah beberapa baju adat Indonesia yang telah dikenal luas dalam kancah Internasional:

  1. Aceh. Letak Aceh yang sangat strategis di Selat Malaka membuat wilayah ini telah dikenal sejak masa lampau. Kegiatan perdagangan yang ramai oleh pedagang dari berbagai negeri di Aceh sejak ratusan tahun lalu membuat budaya lokal lebih mudah dikenal oleh orang luar sejak lama. salah satu budaya yang dikenal adalah pakaian tradisionalnya. Pakaian tradisional Aceh dikenal dengan nama Ulee Balang yang semula hanya boleh dikenakan oleh bangsawan saja. Desain yang mewah dengan sulaman benang emas serta hiasan dari logam mulia pada pakaian ini, membuat rakyat biasa tidak dapat mengenakannya. Akan tetapi kini siapapun bisa mengenakan pakaian adat ini. Biasanya pakaian adat ini dikenakan ketika mengadakan pesta pernikahan.
  2. Sumatra Utara. Tidak jauh dari Aceh, ada Sumatra Utara yang memiliki pakaian adat bernama Ulos. Kain tersebut kini masih banyak dijumpai dalam berbagai macam upacara adat, khususnya Suku Batak.
  3. Sumatra Selatan. Pakaian adat dari daerah ini terkesan mewah dan elegan. Hal ini karena wilayah ini merupakan bekas Kerajaan Sriwijaya yang mengalami masa kejayaan pada masanya. Sisa-sisa kejayaannya dapat dijumpai pada tampilan pakaian adatnya yang banyak dikenakan untuk upacara pernikahan.
  4. Papua Barat. Pakaian adat yang dikenakan pada wilayah ini bisa dibilang sangat sederhana dan unik. Bahan utama pembuatan pakaian ini adalah tumbuhan yang dirangkai menggunakan sejenis tali dan diberi nama Ewer.
  5. Yogyakarta dan Solo. Di wilayah yang dikenal dengan budayanya ini, pakaian adat telah banyak mengalami perkembangan. Ketika dahulu pakaian adat hanya dikenakan oleh para bangsawan istana saja, kini siapa saja dapat memakainya. Kebanyakan pakaian adat yang berasal dari daerah ini dikenakan saat acara pernikahan. Selain itu, para tokoh istana kini mengenakan pakaian adat untuk berbagai acara resmi.

Baca Juga Cara Memilih Baju Adat yang Tepat Digunakan untuk Pernikahan

Demikian adalah beberapa jenis baju adat Indonesia yang populer hingga ke luar negeri. Baju dari daerah lainnya pun tetap harus dilestarikan dan diupayakan agar semakin dikenal luas ke masyarakat Internasional. Dengan demikian akan semakin bersemangat dalam melestarikan budaya bangsa. Mulai dari diri sendiri dengan mengenakan pakaian adat untuk acara-acar tertentu yang sesuai sehingga salah satu khasanah budaya Indonesia tersebut tetap terjaga keberadaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *