Ini Alasannya Baju Batik Dipilih Sebagai Baju Couple

Ada beragam jenis pakaian yang terbuat dari bahan kain batik dan salah satu diantaranya adalah baju batik. Baju batik tersebut ada yang dibuat dengan model tertentu yang dijual satuan dan ada yang dijual sepasang atau yang lebih disebut sebagai baju sarimbit. Baju sarimbit ini terdiri dari 1 pakaian pria dan 1 pakaian wanita yang bisa berbentuk blus ataupun dress seperti gamis. Dibandingkan menggunakan kaos, banyak orang yang memilih untuk menggunakan batik sebagai baju couple. Kenapa?

Pertama adalah memperlihatkan jika mereka adalah pasangan yang dalam tahap yang serius. Jika dibandingkan dengan kaos, batik memberikan kesan yang lebih formal, berwibawa dan serius. Umumnya yang mengenakan baju sarimbit batik tersebut adalah pasangan yang sudah menikah ataupun jika belum menikah memiliki hubungan yang serius dan akan meneruskan ke jenjang pernikahan.

Kedua adalah tidak dianggap berlebihan. Jika banyak yang menganggap menggunakan baju couple adalah hal yang norak dan berlebihan namun hal tersebut tidak berlaku untuk baju batik couple. Hal tersebut disebabkan karena dengan mengenakan pakaian batik yang sama motif dan warnanya menganggap jika hal tersebut hal yang biasanya atau sah-sah saja mengenakan baju yang sama atau sarimbitan karena mereka memang merupakan pasangan yang resmi atau pasangan yang akan menuju ke jenjang yang lebih serius. Apalagi, baju sarimbit tersebut tidak memiliki motif yang terlalu ketara atau berlebihan bahkan baju sarimbit dianggap keren.

Ketiga adalah untuk melestarikan kebudayaan. Batik merupakan salah satu harta yang tak tergantikan yang khas dari Indonesia. Jika dahulu banyak yang enggan menggunakan batik kini batik bahkan digunakan oleh anak muda. Mengenakan batik sebagai baju couple saat ke pernikahan atau ke acara formal yang lainnya juga secara langsung ikut membantu melestarikan kebudayaan khas dari Indonesia.

Alasan yang lainnya mengapa baju batik dikenakan sebagai pakaian couple, yaitu:

  • Mudah untuk ditemukan. Saat ini sudah banyak tempat yang menjual baju couple yang terbuat dari kain batik yang menjual baju couple dengan beragam jenis design, motif dan warna dengan harga yang terjangkau. Anda hanya perlu memilih jenis baju couple batik yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Terlihat tetap sopan namun tetap kompak dan serasi.
  • Bisa menambah kedekatan antar pasangan. Pakaian batik untuk pasangan terbuat dari kain yang sama dan tanpa perlu menambahkan motif atau aksen tertentu, pakaian ini terlihat seperti pakaian untuk pasangan dan secara tidak langsung memberikan kedekatan atau kepemilikan tersendiri bagi pasangan tersebut.

Namun, pastikan dahulu sebelum Anda membeli baju couple, walaupun itu adalah pakaian batik, ke pasangan Anda apakah pasangan Anda mau untuk menggunakannya atau tidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *