Ingin membuat Skin Care Alami di Rumah? Begini Cara Membuat Air Mawar

Kandungan yang membuat sebuah produk skin care unggul tidak lain tidak bukan bersumber dari tumbuhan. Salah satunya adalah air mawar. Air mawar adalah air perasan yang berasal dari mahkota bunga mawar. Di Indonesia, produk air mawar terfavorit sejak dahulu hingga  sekarang ini adalah Viva Air Mawar. Selain harganya murah dan terjangkau, Viva Air Mawar memberikan hasil yang memuaskan sebagai campuran masker dan juga penyejuk wajah setelah dibersihkan dengan sabun pembersih wajah. Cek di sini untuk tahu lebih banyak mengenai manfaat air mawar viva untuk wajah.

Air mawar kerap digunakan sebgaai perasa makanan, campuran untuk kosmetik atau obat, dan juga untuk keperluan keagamaan. Manfaat air mawar untuk kulit dipercaya dapat menyejukkan kulit, melembabkan kulit, dan juga mempersiapkan kulit untuk pemakaian produk selanjutnya.

Kamu memiliki wajah yang kusam? Cobalah manfaatkan air mawar untuk perawatan wajah yang kusam. Air mawar mengandung vitamin A, C, dan E yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati pada lapisan terluar kulit wajah. Pemakaian air mawar sebagai perawatan wajah kusam dapat kamu gunakan dengan memanfaatkan air mawar sebagai toner ataupun campuran masker. Wajah pun akan terasa segar, cerah, dan lembab.

Manfaat air mawar untuk kulit wajah juga berguna untuk mengatasi jerawat dan mengurangi kemerahan akibat iritasi.

Khasiat air mawar membuat banyak brand di Indonesia mengeluarkan produk air mawar sebagai skin care. Harga air mawar pun di pasaran di jual dengan harga terjangkau. Dengan manfaat dan harga murah, kamu pasti menjadikan air mawar sebagai produk favorit.

Tahukah kamu, bahwa kamu bahwa kita bisa membuat sendiri air mawar di rumah? Untuk kamu pecinta produk perawatan kulit dari bahan alami, cara membuat air mawar ini bisa kamu coba sendiri di rumah. Hasilnya tentu akan lebih memuaskan karena seratus persen alami tanpa pengawet. Nah, bagaimana ya cara membuat air mawar? Yuk, cek langkah mudah cara membuat air mawar  berikut ini!

Untuk membuat air mawar, kamu perlu siapkan bahan-bahan dasar berikut ini:

  • 150 gram kelopak bunga mawar segar
  • 475 ml air bersih.

Langkah-langkah:

  • Pilihlah bunga mawar yang segar dan bebas dari pestisida. Semakin segar bunga mawar, akan semakin bagus kualitas air mawar yang dibuat. Untuk hasil yang memuaskan, pilihlah kelopak bunga mawar dari jenis mawar yang sama agar aromanya lebih segar.
  • Cuci bersih kelopak bunga mawar. Kotoran dan serangga apapun bisa saja menempel pada bunga mawar. Demi kehigienisan air mawar yang akan kamu buat, cuci bersihlah bunga mawar menggunakan air bersih. Jangan menggunakan sabun.
  • Cabut kelopak bunga mawar yang telah dicuci bersih. Jumlah 150 gram kelopak bunga mawar bisa kamu dapatkan dari dua batang bunga mawar.
  • Siapkan panci, lalu masukan kelopak bunga mawar yang telah dipetik ke dalam panci. Lalu tuangkan air bersih sejumlah 475 ml air ke dalam panci yang berisi kelopak bunga bawar.
  • Panaskan panci tersebut di atas kompor. Tutuplah panci dengan rapat dan letakkan di atas kompor. Panaskan panci berisikan kelopak bunga mawar dan air tadi dengan api kecil. Jangan menggunkan api terlalu besar karena khasiat air mawar dapat berkurang pada suhu yang terlalu tinggi. Panaskan selama 20 menit saja.
  • Setelah 20 menit, angkat panci tersebut. Siapkan penyarig untuk menyarir air mawar. Saringlah air mawar dan tuangkan ke dalam botol. Tunggu air mawar sampai mendingin. Setelah dingin, kamu dapat menaruhnya di lemari es. Air mawar alami ini dapat bertahan sampai dengan enam bulan.

Begitulah cara membuat air mawar sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *