Ikuti 2 Tips Memilih Kaos Wanita Polos yang Berkualitas

Ikuti 2 Tips Memilih Kaos Wanita Polos yang Berkualitas

Bagi Anda yang akan membeli kaos wanita polos pertama-tama yang harus diketahui adalah jenis kain, kualitas dan harganya. Jangan pegang patokan harga bahwa harga kaos yang mahal menandakan kualitas kaos yang bagus. Agar tidak tertipu berikut tips dari kami bagaimana cara mengetahui kualitas kaos dengan harapan dapat membantu Anda mendapatkan kaos yang berkualitas dengan harga murah.

Lihak Kode di Label Kaos

Coba Anda perhatikan saat membeli kaos Anda akan melihat keterangan yang terdapat di label yaitu: keterangan bahan kaos, komposisi serat. Selain itu terdapat kode berupa angka seperti: 20s, 20d, 24s, 24d,  40s dan lain sebagainya. Kode-kode tersebut menandakan teknik rajut kain yang digunakan.

Huruf s pada kode adalah singkatan dari single knit yaitu proses rajutan yang menggunakan jarum tunggal. Ciri kaos yang menggunakan teknik ini adalah jahitan bagian depan berbeda dengan belakang. Bagian belakang lebih kasar sedangkan bagian luarnya lebih halus.

Selain kode S, ada juga kaos yang kodenya huruf D yaitu singkatan dari double knit. Teknik jahitan double knit menghasilkan rajutan yang kedua sisi, depan dan belakang sama. Artinya kedua sisi memiliki hasil yang sama-sama halus.

Baca Juga : 5 Cara Memilih Dompet Wanita Terbaru Berkualitas

Pastikan Jenis Kain Kaos yang Digunakan

Ada banyak jenis kain yang dijadikan bahan pembuatan kaos. Namun tidak semua jenis kain cocok dan nyaman digunakan. Bahan kaos wanita polos yang banyak digemari adalah jenis kain katun. Kain katun memiliki keistimewaan, Anda bisa mengetahuinya dengan mengetahui karakteristik katun sebagai berikut:

  • Kain katun terbuat dari bahan alami dengan tekstur yang halus dan lembut
  • Jika digunakan lebih sejuk dan lebih mudah menyerap keringat
  • Bahannya lebih awet dan perawatannya lebih mudah.
  • Berdasarkan pembuatannay kain katun dibedakan menjadi dua jenis, yaitu katun combet dan katun carded.

Proses pembuatan katun combed adalah dengan cara disisir sehingga menghasilkan serat yang lebih panjang, lembut dan rata. Bahan yang digunakan adalah bahan alami, yaitu : kapas. Itu sebabnya mengapa kain combet lebih sejuk, mudah menyerap keringat dan mencegah terjadinya iritasi kulit.  Kaos yang menggunakan bahan combed bisa dipakai di segala aktivitas terutama di daerah yang iklim panas.

Cara mengetahui kain lembut adalah dengan cara disentuh. Jika kainnya lembut dan halus maka itu adalah katun combat. Rajutan kaos combad yang baik menghasilkan serat yang halus, rajutan yang halus adalah yang menggunakan kode 20 S karena teknik rajutannya lebih rapat. Karena rajutan seratnya rapat maka bahannya tidak mudah melar.

Sedangkan proses pembuatan katun carded adalah dengan cara digaruk atau carding. Proses pengerjaan tersebut menghasilkan serat yang lebih kasar. Kain carded tersedia berbagai pilihan/ jenis. Jenis katun carded bianya digunakan untuk pesanan banyak atau untuk segmen kelas menengah ke bawah. Kekurangan kaos wanita yang menggunakan jenis kain ini adalah bagian seratnya yang kurang halus dan rajutannya tidak rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *