Galau Karena Kulit Sensitif? Ikuti Perawatan Kulit bagi Pemilik Kulit Sensitif Ini Saja!

Tidak cukup hanya dengan menggunakan skin care untuk kulit sensitif saja, pemilik kulit sensitif perlu melakukan perawatan khusus untuk kulitnya. Pemilik kulit sensitif mungkin akan merasa kebingungan untuk merawat kulitnya yang cepat bereaksi terhadap sesuatu.

Memang kulit sensitif merupakan kulit yang bereaksi secara cepat dan berlebihan pada faktor lingkungan. Jika ujung syaraf di lapisan kulit atas sedang iritasi, kulit akan menunjukkan reaksi berupa kemerahan, gatal, atau mengelupas. Ujung syaraf pada kulit sensitif lebih rentan terhadap iritasi yang disebabkan karena fungsi penghalang kulit yang rusak. Jika kulitmu sering memerah, gatal, perih, atau bengkak karena terkena suatu produk tertentu atau saat terkena sesuatu, berarti kulitmu termasuk kulit sensitif.

Penyebab kulit sensitif bermacam-macam, ada yang disebabkan karena faktor lingkungan, namun ada juga yang disebabkan karena faktor internal tubuh. Beberapa faktor lingkungan yang menyebabkan kulit sensitif di antaranya paparan sinar matahari, polusi udara, perubahan suhu yang ekstrim, cuaca dingin, efek bahan kimia, dan air panas. Sementara faktor internal seperti perubahan hormon, dehidrasi, dan stres. Tapi pemicu kulit sensitif setiap orang bisa berbeda-beda. Bahkan penggunaan produk kosmetik atau perawatan kulit tertentu juga bisa menyebabkan kulit sensitif lho!

Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif perlu mengetahui cara perawatan kulit sensitif yang benar agar masalah yang timbul dapat berkurang.

  1. Gunakan produk perawatan alami

Dengan kondisi kulit yang rentan terhadap berbagai faktor yang dapat menimbulkan iritasi dan rasa gatal di kulit, pemilik kulit sensitif wajib menggunakan produk yang alami dibandingkan produk kimiawi. Kamu bisa mencoba bahan-bahan alami yang diolah secara sederhana atau memilih produk-produk khusus untuk kulit sensitif yang mengandung bahan alami. Pemilik kulit sensitif harus mengecek kandungan produk perawatan maupun kosmetik sebelum membeli.

Jangan pernah membeli produk yang mengandung eksfoliant yang keras, alkohol, petrokimia, zat pewarna, asam, karena bahan-bahan tersebut dapat mengiritasi kulit. Pilih produk perawatan yang mengandung antioksidan alami dan bahan anti inflamasi seperti teh hijau, teh putih, chamomile, lidah buaya, calendula, dan oat. Jika kamu ingin menggunakan produk yang cocok untuk kulit sensitifmu, kamu bisa mengeceknya di https://review.bukalapak.com/beauty/skincare-wardah-juga-bisa-untuk-kulit-sensitif-ini-5-rekomendasi-produknya-29302.

  1. Jangan keseringan berganti produk

Memang setiap wanita pasti sering tergiur ketika ada produk perawatan dari brand baru yang belum pernah dicoba. Namun sebaiknya pemilik kulit sensitif jangan terlalu sering berganti produk perawatan. Hal ini disebabkan karena terlalu ssering mengganti produk perawatan akan merusak pertahanan kulit, yang pada akhirnya semakin memperparah kulit sensitif.

  1. Tes dulu di kulit sebelum rutin digunakan

Sebelum menggunakan produk perawatan kulit apapun, sebaiknya harus dites dulu di kulit untuk mengetahui apakah produk tersebut cocok atau tidak jika rutin digunakan. Jika pada saat awal penggunaan muncul kemerahan, gatal, dan pengelupasan kulit, maka jangan lanjutkan penggunaan produk meskipun isinya masih banyak. Lakukan tes ini dengan mengoles sedikit produk ke bagian kulit tubuh dan lihat hasilnya. Jika kulit langsung bereaksi, sebaiknya jangan memaksakan untuk membeli.

  1. Gunakan tabir surya setiap hari

Pemilik kulit sensitif yang sering beraktivitas di luar ruangan yang banyak terpapar sinar matahari tidak boleh melupakan perawatan kulit yang satu ini. Salah satu penyebab kulit sensitif adalah paparan sinar matahari, yang bisa menimbulkan dampak pada kulit baik berupa kemerahan, bengkak, atau gatal.

Sebaiknya kamu memilih tabir surya dengan SPF 40. Ingat semakin tinggi nilai SPF, berarti semakin lama perlindungan. Tapi kamu juga tidak bisa menggunakan tabir surya secara bebas. Gunakan tabir surya yang mengandung titanium dioksida dan zinc oxide karena tidak akan membahayakan kulit sensitif.

  1. Minum air lemon setiap hari

Lemon memang sudah dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya yaitu dapat membantu melawan kerusakan radikal bebas, membantu menghilangkan racun dari darah, membuat kulit bersinar, dan mencegah berbagai masalah kulit. Manfaat ini dapat diperoleh karena lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Cara perawatan kulit sensitif ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menambahkan jus lemon ke segelas air hangat. Untuk menambah rasa dan manfaat, tambahkan madu ke dalam air lemon tersebut. Lalu minum jus lemon madu ini setiap hari pada saat perut kosong.

  1. Bersihkan kulit dengan susu

Produk perawatan kulit yang menggunakan bahan susu memang sudah banyak beredar saat ini. Penggunaan susu sebagai bahan produk perawatan kulit disebabkan karena susu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat merawat kulit kering dan gatal. Susu juga membantu dalam menjaga kelembaban kulit dan memperbaiki kulit wajah.

Untuk produk pembersih dengan berbahan susu sebenarnya sudah banyak dijual di pasaran, namun tidak ada salahnya jika kamu menggunakan cara dan bahan yang lebih alami yakni dengan menggunakan kapas dan susu lalu mengoleskannya di kulit. Diamkan selama 5-15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *