Ciri Khas Baju Pengantin Jawa Tengah, Barat, dan Timur

Ketika memilih baju tentunya akan membutuhkan pertimbangan sendiri. Terlebih lagi apabila akan memilih baju yang digunakan untuk acara penting, maka pertimbangan tersebut akan lebih rumit dan juga butuh pemikiran yang panjang untuk menemukan baju yang tepat. Misalnya saja bagi Anda yang ingin menikah, maka membutuhkan baju pengantin yang akan dapat untuk membuat lebih menarik dan memilihnya sendiri bisa menyesuaikan dengan tema pernikahan.

Ciri Khas Baju Pengantin Jawa Tengah, Barat, dan Timur

Biasanya untuk baju yang akan digunakan pada pesta pernikahan ada dua yaitu sesuai konsep tradisional atau modern. Banyak orang sekarang ini menggunakan baju untuk pengantin seperti gaun yang mewakili konsep modern. Dimana ada banyak sekali keuntungan yang ditawarkan dengan memilih konsep ini seperti mudah untuk mendapatkannya, harganya terjangkau, dan juga bisa untuk memilih baju yang akan digunakan seperti dari model, warna, dan juga hal lainnya sesuai dengan konsep modern. Sedangkan konsep lainnya yang bisa digunakan adalah menggunakan baju tradisional apabila menggunakan konsep tradisional. Salah satu baju yang sering digunakan adalah pakaian dari Jawa seperti kebaya. Baju tersebut biasanya mempunyai beberapa perbedaan tergantung juga dari wilayahnya sendiri. Baju tradisional dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan juga Jawa Timur mempunyai ciri khas masing-masing untuk baju yang digunakan pada pesta pernikahan oleh mempelai. Beberapa perbedaan dari baju untuk pengantin dari ketiga wilayah itu misalnya:

  • Baju pernikahan dari Jawa Tengah

Baju pengantin dari Jawa Tengah akan mengandung banyak sekali filosofi sehingga harus memilih yang tepat dari aksesoris yang akan digunakan, warna, dan riasan yang akan dipakai nantinya. Untuk bawahan baju tersebut akan menggunakan kain batik yang mempunyai arti dan pengharapan sang pengantin akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik dalam pernikahan. Untuk ciri dari baju dari Jawa Tengah ini adalah menggunakan dodotan, kain batik, dan juga aksesorisnya yang lengkap seperti keris dan hiasan bunga melati pada rambut mempelai wanitanya.

  • Baju pernikahan dari Jawa Timur

Sedangkan untuk baju pernikahan yang digunakan pada tradisi di Jawa Timur akan kental dengan menggunakan warna hitam dan juga merah yang menyala. Dimana untuk modelnya sendiri masih sama seperti baju pernikahan di Jawa Tengah, tetapi mempunyai perbedaan tidak menggunakan kebaya tetap batik. Selain itu mempelai wanitanya juga menggunakan tusuk konde dan mahkota.

Baca juga Jenis-jenis Kain Brokat yang Bagus untuk Membuat Baju Pengantin

  • Baju pernikahan dari Jawa Barat

Dan untuk ciri baju pengantin selanjutnya adalah dari Jawa Barat. Baju pernikahan dari wilayah ini mempunyai ciri untuk pria akan menggunakan baju tertutup dengan ikat pinggang, bendo sebagai tutup kepala, dan juga kain batik. Sedangkan untuk wanitanya menggunakan kain kebaya dan mempunyai hiasan kepala yang sama dengan adat dari Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *