Cara Merawat Sepatu Pesta

Jika ingin menghadiri sebuah pesta, tentu kita tidak ingin tampil biasa saja. Berbagai macam barang pun dipersiapkan, mulai dari baju hingga. Hal ini karena pesta merupakan sebuah ajang dimana orang-orang akan berdandan semenarik mungkin. Style yang dipilih pun biasanya harus yang terkesan glamor dan elegan.

Meski sepatu merupakan alas kaki yang mana tidak terlalu mencolok penggunaannya, namun untuk sebuah pesta, penggunaan sepatu sangat penting. Sepatu pesta harus terlihat seimbang dengan keglamoran gaun yang dikenakan, namun di satu sisi juga harus nyaman dikenakan.

Untuk menjaga kenyamanan sepatu, diperlukan perawatan yang baik dan juga secara berkala agar sepatu pesta yang disimpan tetap awet. Jangan sampai kita merawatnya asal-asalan dan saat akan menggunakannya secara tiba-tiba, kita dihadapkan pada hal yang tidak mengenakkan.

Cara Merawat Sepatu Pesta

Nah… berikut ini adalah cara merawat sepatu pesta agar tetap bagus digunakan :

  • Bersihkan Terlebih Dahulu Sebelum Disimpan

Setelah dipakai, sepatu jangan langsung disimpan. Bersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan debu yang menempel di semua bagian. Entah itu pada alas sepatu, bagian dalam, atau bagian luar. Gunakan air hangat dan kain berbahan lembut untuk membersihkan sepatu. Jangan gosok dengan berlebihan. Bersihkan saja sepatu dengan gerakan lembut dan hanya berupa sapuan-sapuan halus agar tidak merusak sepatu.

  • Jemur di Tempat Berangin

Sepatu sebaiknya tidak dijemur di tempat yang terlalu kering. Jangan mengeringkan sepatu langsung di bawah terik matahari karena akan membuat warna cepat pudar. Jemur saja sepatu di tempat yang berangin.

  • Simpan di Tempat yang Tidak Lembab

Setelah dijemur, simpan sepatu di tempat yang tidak lembab. Simpan saja di dalam kotak yang tersimpan di rak terbuka. Jangan simpan di dalam lemari karena tempat yang lembab bisa menyebabkan munculnya jamur pada sepatu.

  • Gunakan 

Jika sudah disimpan di dalam kotak, jangan lupa beri silica gel untuk menghindari munculnya jamur. Silica gel mengandung silikon dioksida yang berfungsi untuk menjaga kadar kelembaban udara di sekitar sepatu. Jika sepatu terhindar dari jamur, maka bisa dipastikan bakteri dan bau tidak akan datang.

  • Anginkan Secara Berkala

Penyimpanan terus-menerus di dalam kotak juga tidak bagus dalam. Keluarkan sepatu dari dalam kotaknya minimal sebulan sekali agar dapat terkena udara. Taruh sepatu di rak terbuka paling tidak satu hari saja.

Baca juga artikel menarik lainnya di penampilanmu.com

  • Jeda Penggunaan

Sepatu yang baik adalah sepatu yang tidak digunakan setiap hari. Jika sepatu digunakan terus-menerus tanpa istirahat, bisa jadi sepatu akan cepat rusak karena tidak memiliki kesempatan untuk mengembalikan keelastisitasan bahan. Sejatinya sepatu perlu sirkulasi udara selama 24 jam penuh agar bisa dipakai kembali tanpa takut merusaknya.

Demikianlah tips-tips merawat sepatu pesta agar tetap nyaman digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *