Cara Merawat Jaket Jeans Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar

Jaket jeans merupakan salah satu item fashion yang wajib dimiliki, baik itu untuk pria maupun wanita. Sejak pertama kali dikenalkan pada dunia hingga saat ini, jenis jaket ini tidak pernah dianggap ketinggalan jaman. Malah, kurang afdol rasanya jika seseorang tidak memilikinya satu saja. Hal ini karena jaket ini memiliki kelebihan dimana dapat digunakan dalam acara apapun, entah itu formal, semi formal, atau casual.

Sayangnya jika tidak dirawat dengan baik, warna pada jaket jeans bisa pudar. Meskipun berbahan kuat, namun jika dicuci terus menerus tanpa perawatan yang benar, warna jaket tetap akan memudar. Perawatannya pun sedikit lebih rumit dari item fashion lainnya, misalnya yang berbahan spandex, linen, atau katun.

Cara Merawat Jaket Jeans Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar

Berikut ini adalah cara-cara untuk merawat jaket jeans agar warnanya dapat bertahan lama :

  • Perhatikan Instruksi Label

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk merawat jaket jeans adalah perhatikan terlebih dahulu instruksi yang tertulis di dalam label. Disana akan tertera dengan sangat jelas apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Mulai dari cara pencucian, suhu, hingga tata cara penyetrikaan. Jadi, simbol-simbol yang ada di label bukan hanya sekedar gambar, melainkan petunjuk penting yang wajib dicermati agar tidak terjadi kesalahan dalam perawatan.

  • Perhatikan Cara Pencuciannya

Meskipun merendam cucian adalah hal yang sering disarankan, namun sebaiknya jangan direndam terlalu lama. Apalagi dengan deterjen berlebih. Hal tersebut akan semakin mempercepat pudarnya warna jaket. Rendam saja selama 5 menit kemudian cuci jaket seperti instruksi. Biasanya jaket jenis ini dapat dicuci menggunakan mesin, dry cleaning, atau sekedar cuci tangan.

  • Jangan Dijemur Langsung

Ada trik khusus untuk menjemur jaket jeans. Karena terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama dapat merusak warna jaket, maka sebaiknya gantung jaket dengan bagian dalamnya berada di luar. Jangan lupa gantung di tempat yang terkena sinar namun sedikit rindang. Jangan menjemurnya di halaman yang terkena sinar matahari langsung, apalagi jika sedang terik-teriknya.

  • Perhatikan Suhu Saat Penyetrikaan

Untuk menyeterika jaket, sesuaikan suhu dengan instruksi yang tertera di label. Sesuaikan pula dengan jenis bahannya itu sendiri. Cara menyeterikanya pun harus diperhatikan. Hindari menggosok serta menekan bagian-bagian tertentu pada jaket, seperti lipatan dan bagian tepinya. Hal ini malah akan semakin cepat membuat warnanya tidak awet dan bisa menimbulkan bekas.

Baca juga artikel menarik lainnya di penampilanmu.com

  • Jaga Kebersihan

Agar tidak terlalu sering mencuci jaket, alangkah lebih baiknya jika pengguna lebih menjaga kebersihan. kibaskan jaket selepas digunakan, kemudian gantung jaket di tempat yang terhindar dari debu dan bau apek agar jika digunakan kembali, jaket masih pantas digunakan.

Demikianlah cara merawat jaket jeans agar warnanya dapat bertahan lama. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *