Cara Menggunakan Skin Care untuk Kulit Sensitif

Kulit wajah yang sensitif membutuhkan perlakuan khusus. Berbeda dengan jenis kulit normal, kulit sensitif memiliki potensi masalah kulit yang lebih besar. Baik kulit cenderung berminyak, kering, ataupun kombinasi, bisa memiliki atau mengalami keadaan kulit yang sensitif. Kamu memiliki kulit sensitif? Coba skin care untuk kulit sensitif ini untuk menghindari masalah kulit.

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu tidak bisa menggunakan sembarang skin care. Utamakanlah skin care untuk kulit sensitif yang setidaknya dapat meredam masalah kulit dan tidak memunculkan masalah kulit.

Untuk membantu perawatan kulit yang sehat dan ideal, kamu perlu sejumlah produk skin care yang bisa membantu keinginan kulitmu. Penggunaan skin care dapat kita lakukan di pagi hari dan juga di malam hari. Untuk pemilik kulit sensitif, urutan penggunaan skin care tidak jauh berbeda dengan yang tidak memiliki kulit sensitif.

Bagaimana cara menggunakan skin care untuk kulit sensitif? Yuk, simak penjelasan ini!

  1. Pembersih

Untuk membersihkan kulit wajah dari make up ataupun kotoran yang menempel pada kulit, umumnya menggunakan sabun pencuci wajah. Namun sebelum itu, gunakanlah micellar water, cleansing oil, cleansing milk, ataupun face wapes untuk menghapus dan mengangkat kotoran pada wajah. Langkah ini dilakukan agar tidak ada sisa make up atau kotoran pada wajah yang mudah menimbulkan iritasi ataupun masalah kulit lainnya.

Selanjutnya kamu bisa langsung membersihkan kembali wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Untuk wajah sensitif, hindari produk dengan kandungan alkohol ataupun pewangi. Kandungan tersebut dapat mudah merangsang kulit yang sensitif menjadi iritasi. Kedua langkah membersihkan wajah ini disebut double cleansing.

  1. Toner

Langkah selanjutnya sebagai cara menggunakan skin care untuk kulit sensitif yaitu menggunakan toner. Di tahap ini, Anda juga bisa menggunakan double toner seperti double cleansing, yaitu menggunakan dua jenis toner. Dua jenis toner tersebut adalah exfoliating toner dan hydrating toner. Namun bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, exfoliating toner sebaiknya tidak terus-terusan dipakai setiap hari karena khawatir dapat menimbulkan iritasi. Exfoliating toner untuk pemilik kulit sensitif dapat digunakan sekali sampai dua kali dalam seminggu. Itu pun tergantung kondisi kulit Anda. jika pemakaian dua kali seminggu justru membuat kulit iritasi, kurangi pemakaian.

Toner yang bisa Anda gunakan setiap hari adalah hydrating toner. Toner ini berguna untuk melembabkan kulit wajah dan mengembalikan pH balance. Hindari toner yang tidak mengandung alkohol dan pewangi buatan.

  1. Serum

Setelah bersih dengan tahapan double cleansing dan lembab dengan hydrating toner, kulit siap menuju tahap skin care selanjutnya yaitu penggunaan serum. Serum merupakan produk skin care yang memiliki bermacam khasiat untuk kulit seperti anti aging, melembabkan kulit, mencerahkan kulit, dan lain sebagainya. Namun untuk pemilik kulit sensitif, hindari serum dengan bahan aktif seperti vitamin C dan retinol. Sebab, kandungan tersebut dapat bereaksi sehingga terjadi breakout pada kulit. Kandungan tersebut biasanya ada di serum anti aging dan serum pencerah atau pemutih kulit.

  1. Night cream

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan krim malam. Untuk mengakhiri harimu dan tidur sepanjang malam, kamu yang memiliki kulit sensitif sangat perlu mengunci kelembaban di kulit dengan menggunakan krim malam. Krim malam atau night cream dapat memberikan nutrisi pada kulit yang sensitif.

Cek di sini untuk rekomendasi skincare kulit sensitif!

  1. Acne treatment

Langkah terakhir cara menggunakan skin carea adalah dengan menggunakan acne treatment. Acne treatment adalah perawatan pada jerawat atau bruntusan kulit wajah yang diatasi dengan krim khusus jerawat. Untuk kamu yang memiliki jerawat pada kulit sensitif, acne treatment dapat membantu kamu meredakan jerawat tersebut. Selain itu, bisa juga menghindari kemunculan atau penyebaran jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *