Cara Mengecilkan Pori Pori Sebagai Awal Kulit Sehat dan Cerah Bercahaya!

Pori-pori atau pores merupakan titik-titik pada permukaan kulit manusia yang sebenarnya adalah folikel rambut yang terbuka. Folikel rambut yang terbuka ini mengandung kelenjar minyak yang diproduksi tiap saat dari dalam tubuh. Khususnya pada wanita, pori-pori di area T atau dahi, hidung dan dagu merupakan wilayah dengan kelenjar sebum yang tinggi sehingga perlu perawatan ekstra agar minyak tersebut tak menjadi jerawat di kemudian hari. Hal yang perlu diketahui bersama adalah, pori-pori tidak serta-merta membesar dengan sendirinya. Hal tersebut dipengaruhi oleh paparan langsung sinar matahari, penumpukan kotoran dan cara perawatan kulit yang salah. Apabila kulit wajah terlanjur memiliki pori-pori yang besar, tentu saja akan mengganggu penampilan seorang wanita. Selain karena mudah timbulnya jerawat atau bruntusan, pori-pori yang besar akan menghalangi seseorang untuk mendapatkan tampilan make up yang sempurna. Apabila kamu ingin tahu bagaimana cara menghilangkan pori pori di wajah, berikut adalah ulasan lengkapnya!

Pori-pori tersumbat, terbuka ataupun membesar merupakan sumber dari munculnya jerawat dan komedo pada kulit. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu cara mengecilkan pori pori.

Apabila tak sempat pergi ke klinik kecantikan atau membeli produk pengecil pori-pori, kamu dapat mencoba bahan-bahan alami berikut ini sebagai langkah awal untuk memperbaiki kondisi pori-pori kulitmu.

  1. Jeruk nipis

Cara mengecilkan pori pori yang terbuka yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan bahan alami yang kaya akan antioksidan dan vitamin c yang sangat berguna untuk mengatasi minyak berlebih serta dipercaya dapat mengangkat seluruh sel kulit mati. Apabila minyak berlebih tersebut teratasi, selain pori-pori yang mengecil, kamu juga akan mendapatkan wajah yang cerah serta bebas dari jerawat.

Adapun cara penggunaannya adalah cukup siapkan dua buah jeruk nipis lalu peras dan tamping di sebuah mangkuk. Selanjutnya oleskan air perasan jeruk tersebut pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal, gunakan minimal seminggu tiga kali agar pori-pori lekas mengecil.

  1. Lemon

Jenis jeruk yang kaya akan antioksidan dan vitamin C berikutnya adalah lemon. Tak hanya berkhasiat untuk kesehatan badan, lemon juga berkhasiat untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan asam alpha hidroksi yang ada pada lemon kemudian membantu kulit dalam menangkal radikal bebas.

Adapun cara penggunaannya adalah dengan memeras satu buah lemon lalu aplikasikan pada kulit wajah kurang lebih selama 15 menit.

  1. Kulit jeruk

Selain air sari buahnya, kulit jeruk juga dapat dijadikan masker wajah untuk mengecilkan pori-pori. Hal ini dikarenakan kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang lebih besar dibandingkan buahnya.

Adapun cara penggunaannya adalah dengan membersihkan lalu menjemur kulit jeruk hingga kering. Setelahnya tumbuk kulit jeruk hingga halus dan campurkan dengan air atau air mawar hingga membentuk pasta. Aplikasikan langsung pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk lembut.

  1. Lidah buaya

Bahan alami terakhir yang sangat ampuh untuk mengecilkan pori adalah lidah buaya. Saking ampuhnya, bahan alami ini kerap disebut sebagai cara menutup pori pori wajah. Dengan menggunakan lidah buaya, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus seperti kulit yang segar, pori-pori yang mengecil dan menutup serta lama-kelamaan akan mencerahkan wajah.

Adapun caranya adalah cukup dengan mengambil gel tanaman lidah buaya lalu aplikasikan selama 15 menit pada wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *