Cara Memilih Baju Adat yang Tepat Digunakan untuk Pernikahan

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beraneka ragam, salah satunya adalah baju adat. Baju ini memiliki kekhasan sesuai daerahnya masing-masing. Baju ini menjadi identitas suatu daerah sebagai salah satu bagian dari kekayaan Indonesia. Kini jenis pakaian ini banyak difungsikan untuk dikenakan dalam berbagai acara resmi. Salah satu acara yang mengenakan pakaian adat ini adalah acara pernikahan. Pakaian satu ini dipilih sebagai pakaian pengantin dalam acara pernikahan adalah karena pakaian ini memiliki nilai yang sangat tinggi dalam menunjang acara tersebut. Selain bentuk dan desainnya yang unik, pakaian adat juga memiliki keindahan yang luar biasa sehingga cocok dikenakan ketika melangsungkan upacara pernikahan. Pakaian ini juga akan memperlihatkan identitas bagi pemakainya karena dengan mengenakan pakaian adat tertentu maka dapat dikenali bahwa ia berasal dari daerah tersebut.

Baca juga: Baju Adat untuk Wanita yang di Pakai di Event Tertentu

Dalam melangsungkan upacara pernikahan, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan baju adat adalah sebagai berikut:

  1. Berkonsultasi kepada kedua belah pihak keluarga. Apabila berasal dari daerah yang berbeda, calon pasangan pengantin harus memusyawarahkan mengenai pakaian adat yang akan dikenakan. Sehingga tidak akan menimbulkan konflik yang mungkin terjadi. Dengan demikian pakaian adat yang akan dikenakan akan sesuai dengan apa yang dikehendaki.
  2. Sesuaikan desain dan warna pakaian adat dengan selera kedua calon mempelai. Dengan demikian keduanya akan puas dengan pakaian adat yang dikenakan dalam upacara nantinya.
  3. Sesuaikan dengan anggaran. Dalam memilih pakaian ini dapat ditentukan terlebih dahulu budget yang dimiliki. Dengan budget tersebut dapat memilih untuk membeli atau membuat sendiri busana adat yang dikenakan ketika melangsungkan upacara. Apabila membuat sendiri pastikan bahwa desain telah disepakati kedua belah pihak. Dalam pembuatan busana pengantin, tidak dapat dilakukan secara mendadak sehingga lebih baik lakukan jauh hari sehingga akan siap sempurna menjelang hari pernikahan.
  4. Gunakan alternatif ketika anggaran terbatas. Apabila anggaran yang dimiliki terbatas untuk membeli atau membuat busana pengantin sendiri, maka langkah terakhir adalah menyewa pakaian adat yang ingin dikenakan. Langkah ini agak sulit karena harus memilih ukuran dan desain yang sesuai dengan pengantin. Tetapi dengan menyewa, meski dengan anggaran yang terbatas, busana pengantin tetap dapat diperoleh. Setelah itu, calon mempelai dapat melakukan fitting sebelum hari pernikahan tiba agar busana yang dikenakan nantinya benar-benar sesuai sehingga dapat membuat para tamu terpukau dengan penampilan pengantin.

Pemilihan baju adat tersebut selain berkonsultasi dengan pihak keluarga ada baiknya berkonsultasi juga dengan wedding organizer sehingga dapat menyesuaikan dengan tema yang digunakan dapat dekorasi upacara pernikahan. Dengan pemilihan pakaian yang tepat pernikahan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengenakan pakaian adat tersebut. Pakaian adat dapat diperkenalkan kepada para tamu dan tentu saja tetap dapat lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *