Beberapa Baju Adat dari Sumatra Utara  

Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan mempunyai ibukota di Medan. Wilayah ini sangat terkenal dengan beragam kelompok etnisnya, dimana yang paling terkenal adalah masyarakat dari Batak dan juga dari India. Wilayah ini juga sangat kaya dengan beberapa budaya seperti dari kuliner yang khas yang mempunyai banyak sekali pilihan makanan yang enak dan juga tentunya dari pakaian adat yang berasal dari wilayah Sumatra Utara ini. Misalnya beberapa baju adat yang ada dan berasal dari Sumatra Utara adalah:

 Beberapa Baju Adat dari Sumatra Utara  

Pakaian adat dari Toba

Jenis pertama dari pakaian adat dari Sumatra adalah dari batak toba. Suku batak sendiri terbagi-bagi dalam beberapa sub suku yang salah satunya adalah batak toba. Sub suku ini pada umumnya menghuni wilayah di sekitar danau toba yang merupakan danau terluas yang ada di Indonesia. Untuk pakaian adat dari sub suku ini menggunakan bahan dari kain tenun yang juga dikenal sebagai kain ulos. Selain itu ciri umum dari pakaian sub suku batak toba ini adalah dari yang mencerminkan wilayah dan juga kebudayaan dari suku batak toba. Karena dari warna ulos nantinya juga akan menunjukkan filosofi dari pakaian adat tersebut. Misalnya beberapa jenis kain ulos yang ada adalah ulos bintang maratur, ulos pian lobu-lobu, ulos mangiring, dan masih banyak kain ulos lainnya.

 

Pakaian adat dari Mandailing

Jenis baju adat selanjutnya yang ada adalah pakaian dari Mandailing. Sub suku ini menghuni di beberapa daerah yang berada di Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, dan juga Padang Lawas. Untuk pakaian adat dari suku batak Mandiling juga hampir sama dengan pakaian adat dari suku batak toba, tetapi mempunyai beberapa perbedaan dari perpaduan kain ulos dan juga aksesoris yang digunakannya.

Baca Juga : 3 Jenis Baju Adat Jawa Timur yang Masih Ada Hingga Saat Ini  

Pakaian adat dari Nias

Suku Nias merupakan masyarakat lainnya yang berada di wilayah Sumatra Utara. Terkenal dengan tradisi lompat batunya, pakaian adat dari suku Nias ini mempunyai ciri sendiri. Dimana untuk pakaian adat dari suku ini akan menggunakan baru oholu yang digunakan untuk pria, sedangkan untuk wanitanya akan menggunakan pakaian adat yang disebut dengan oroba sioli. Warna dari pakaian adat dari Nias ini mempunyai warna kuning dan juga emas.

 

Pakaian adat dari Melayu

Dan selain dari suku batak dengan beberapa sub sukunya seperti batak karo, pakpak, dan juga lainnya dan juga suku Nias, di wilayah Sumatra Utara juga dihuni oleh masyarakat dari suku Melayu. Dimana untuk pakaian adat dari suku Melayu yang ada di daerah Binjai, Tebing Tinggi, Deli Serdang, dan juga Batu Bara ini menggunakan baju adat songket yang dililitkan di pinggang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *