Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Baju Gamis

Baju gamis merupakan baju muslim yang kini sudah banyak ditemui dengan model yang bervariasi. Ada yang polos ada juga yang bermotif. Gamis yang dahulunya biasanya dipergunakan untuk datang ke acara keagamaan misalnya ke pengajian namun sekarang sudah banyak muslimah yang menggunakan gamis bahkan untuk digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Ada beragam jenis bahan pakaian yang digunakan untuk membuat gamis dan bahan yang dipergunakan tersebut juga akan mempengaruhi harga dari pakaian tersebut. 

Pertama adalah kain sutra. Kain dengan tekstur yang sangat halus ini terbuat dari serat alami dari ulat sutra. Dengan karakteristik yang dingin, halus dan mudah menyerap keringat ini memberikan kesan yang mewah sehingga cocok untuk dipergunakan sebagai gamis yang akan dipakai untuk ke acara formal ataupun ke pesta. Tidak heran jika gamis yang terbuat dari sutra tersebut memiliki harga yang mahal. 

Baca juga: Cara Menentukan Baju Gamis yang Cocok Dijadikan Sebagai Pakaian yang Bisa Digunakan Sehari-hari

Kedua adalah kain sutra cina. Kain ini dibuat dari bahan sutra yang di tenun. Dengan bobot yang cukup ringan namun tebal ini, kain sutra cina memiliki tekstur yang lembut dan umumnya tersedia dengan ukuran lebar 1,2-15 meter. Ketiga adalah kain saudi. Kain yang biasa digunakan untuk membuat baju gamis ini memiliki karakteristik yang lebih halus dan dingin jika Anda membandingkannya dengan jenis kain sutra cina. Kain dengan lebar 1,5 meter ini biasanya tersedia dalam beragam macam warna misalnya hitam, coklat tua, toska, ungu tua, baby pink. 

Keempat adalah wolpeach atau wofis. Kain ini sering digunakan untuk bahan dasar pakaian gamis syar’i. Dengan karakteristik yang lembut namun tebal ini, kain yang disebut dengan kain arab ini saat dipakai tidak menerawang sehingga tetap nyaman untuk dipergunakan. Kelima adalah kain satin. Kain sutra sintetis ini terbuat dari serat buatan dengan bagian luar yang mengkilap dan licin sehingga cocok dipergunakan untuk membuat gamis yang akan dikenakan untuk ke pesta sebab memberikan kesan mewah, anggun dan glamor. 

Jenis kain lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat baju gamis adalah: 

  • Kain katun. Jenis kain katun biasanya dipergunakan untuk membuat gamis yang digunakan untuk keseharian misalnya saat sedang di rumah. Kain yang tidak mudah kusut, dingin, mudah menyerap keringat ini memiliki beberapa jenis katun dan salah satu yang kini banyak dipergunakan untuk membuat gamis.
  • Jersey. Kain elastis, tebal dan mudah jatuh ini bisa digunakan untuk membuat gamis yang biasanya dipergunakan untuk pakaian sehari-hari.
  • Sifon memiliki tekstur yang lembut, halus, licin namun jika dilipat akan terlihat kaku dan agak tipis. Sehingga walaupun digunakan untuk gamis, tidak jarang menggunakan dengan 2 lapis agar tidak menerawang.
  • Maxmara yang memiliki tesktur yang dingin, lembut dan halus dan bisa dijadikan gamis dengan memberikan kesan yang agak mewah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *