Bahan Baju Olahraga yang Nyaman

Bahan Baju Olahraga yang Nyaman

Berolahraga merupakan sebuah kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat. Keringat yang dikeluarkan oleh tubuh dapat menurunkan suhu tubuh yang tinggi dan bermanfaat membakar lemak yang berada di balik kulit. Keringat juga dapat membersihkan racun dari dalam tubuh dan membantu memperlancar sirkulasi darah. Namun, keringat seringkali membuat kita merasa tidak nyaman ketika sedang berolah raga, terutama ketika kita mengenakan baju dengan bahan yang salah. Untuk itulah, memilih bahan baju yang akan digunakan untuk berolah raga sangatlah dianjurkan.

Jenis bahan yang bagus untuk digunakan ketika berolah raga adalah baju dengan bahan supplex. Bahan supplex merupakan kain yang lembut dan ringan. Kain dengan jenis ini juga dapat membuat gerakan olahraga yang kita lakukan menjadi lebih luwes, tanpa terganggu oleh bahan yang terkadang terasa berat ketika dipakai.

Pakaian olahraga yang paling banyak diproduksi dan dijual di pasaran adalah baju berbahan kain jersey. Jersey adalah jenis kain yang sering digunakan untuk membuat kaos tim klub-klub olahraga, seperti sepak bola, bola voli, bulu tangkis, dll. Jersey merupakan jenis kain yang dinilai paling tepat digunakan ketika berolah raga. Selain teksturnya yang sangat tipis dan ringan, kain jersey juga dapat menyerap keringat dan langsung menguarkannya di udara, sehingga keringat yang menempel akan lebih cepat kering, tidak tertampung dalam waktu yang lama sehingga dapat membuat penggunanya merasa tidak nyaman. Dalam menyerap keringat, kemampuan kain jersey adalah kebalikan dari kain katun. Jika kain katun menyerap keringat dengan sangat cepat namun tersimpan dalam waktu yang sangat lama di dalam pori-pori kain, kain jersey membuat keringat lebih cepat kering. Tidak heran jika kain jenis ini menjadi pilihan utama untuk digunakan ketika berolah raga.

Baca Juga: Gaya Berpakaian Cristiano Ronaldo

Selain jersey, bahan baju lainnya yang tidak kalah nyaman dipakai ketika berolah raga adalah kain dengan jenis rayon. Baju berbahan rayon sangat cocok digunakan di luar rungan dan digunakan dalam cuaca yang panas. Olah raga, umumnya dilakukan di luar ruangan dan dalam cuaca yang relatif panas, sehingga bahan rayon sangat cocok digunakan ketika berolah raga. Kelebihan memakai baju dengan bahan rayon ketika berolah raga adalah kemampuannya dalam menyerap keringat dan sifat dingin yang melekat pada kain jenis ini. Bahan rayon memiliki kemampuan menetralisir cuaca panas di ruangan menjadi lebih dingin di tubuh, sehingga suhu tubuh lebih sejuk meski berada di tempat yang relatif panas dan membikin gerah.

Belakangan ini, ada satu jenis kain baru yang digunakan sebagai bahan pembuatan baju olah raga. Bahan ini disebut bahan workout. Baju berjenis workout merupakan perpaduan bahan spandex dan lycra, sehingga baju olahraga dengan bahan workout akan sangat lentur dan terkesan press body mengikuti setiap lekuk tubuh pemakainya. Baju olah raga dengan jenis ini sangat cocok digunakan olahragawan yang memiliki tubuh atletis.

Itulah beberapa bahan baju yang cocok digunakan untuk berolah raga. Pada dasarnya, kenyamanan ketika berolah raga ditentukan oleh banyak faktor pendukung. Dan memilih bahan pakaian yang tepat dan nyaman digunakan merupakan salah satu faktor terpenting agar olah raga yang kita lakukan akan lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *